Mobile Masjid, Mudahkan Ibadah di Keramaian

Rep: C38/ Red: Winda Destiana Putri

Rabu 24 Jun 2015 08:05 WIB

Shalat berjamaah di Mobile Masjid, di Loop Station Telkomsel, Kota Bandung, Selasa (16/6).  (Republika/Edi Yusuf) Shalat berjamaah di Mobile Masjid, di Loop Station Telkomsel, Kota Bandung, Selasa (16/6). (Republika/Edi Yusuf)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Yayasan Masjid Nusantara (YMN) mengeluarkan satu terobosan baru untuk memenuhi ketersediaan sarana ibadah umat. Mereka meluncurkan program mobile Masjid yang beroperasi di daerah Bandung dan sekitarnya.

"Latar belakangnya sederhana. Ketika kita di keramaian, sulit mencari Masjid yang representatif. Misalnya, di mall, lokasi konser, atau tempat pertandingan sepak bola," kata Direktur Yayasan Masjid Nusantara, Muhammad Sobirin, kepada Republika, Selasa (23/6).

Sobirin melanjutkan, salah satu fungsi mobile Masjid adalah masjid on the spot. YMN ingin menghadirkan layanan ibadah shalat di manapun dan kapanpun. Di dalam mobil sudah tersedia berbagai perlengkapan sholat, termasuk selang untuk wudhu, karpet, dan sound system.

Kapasitas mobile Masjid ini sekitar 40-50 orang sehingga bisa digunakan untuk menunaikan ibadah sholat Jumat. Sobirin mengungkapkan, saat ini YMN baru memiliki satu armada berukuran elf. Ke depannya, YMN tengah berencana mengusahakan mobil yang lebih besar.

"Target kami akan memperbanyak armada untuk mempermudah orang melakukan ibadah. Khususnya saudara-saudara kita di tempat konser atau pertandingan sepakbola. Kalau WC portable banyak, masa Masjid portable tidak ada," kata Sobirin.

Program Mobile Masjid ini baru saja diluncurkan YMN pekan lalu, Selasa (16/6). Selama Ramadhan, tidak kurang dari 20 titik yang akan dilayani. Akhir Ramadhan nanti, mobile Masjid ini rencananya juga akan hadir di posko-posko mudik sekitar Jawa Barat.