Jalani Puasa, Muslim Malawi Pererat Persatuan

Rep: c33/ Red: Agung Sasongko

Selasa 23 Jun 2015 13:27 WIB

Muslim Malawi (Source: muslimmalawi.com) Foto: muslimmalawi.com Muslim Malawi (Source: muslimmalawi.com)

REPUBLIKA.CO.ID, LILONGWE -- Menteri Dalam Negeri Malawi, Atupele Muluzi meminta rakyatnya menyambut semangat bulan suci Ramadhan dengan penuh cinta dan rasa persatuan. Dirinya berharap Ramadhan bisa meningkatkan persaudaraan antar rakyat.

 

Muluzi mengadakan acara buka puasa bersama dengan duta besar Mesir di Malawi, Maher El-Adawy. Menurutnya, puasa sangat penting bagi umat Islam."Ramadhan adalah bulan terpenting dengan segala keunikan ibadah di dalamnya, hingga menjadi salah satu dari rukun Islam," katanya seperti dilansir maravianpost.com, Selasa (23/6).

 

Selain itu, ia yakin Ramadhan sebagai bulan pencerminan diri kepada Allah."Yang terpenting inilah bulan untuk pertaubatan karena Allah membuka lebar-lebar pintu maafnya," tuturnya. Guna menggunakan kesempatan ini, ia berharap rakyat Malawi seharusnya bisa saling memaafkan satu sama lain. Sehingga tidak hanya meminta maaf kepada Allah, tapi juga kepada manusia.

 

Sementara itu, El-Adawy menyambut acara buka bersama sebagai perekat umat Muslim. Apalagi acara tersebut turut mengundang warga non muslim sebagai bentuk persatuan dan kedamaian."Malawi butuh usaha dari seluruh warganya untuk berkembang dan melangkah ke depan," ucapnya.

 

Menurutnya, di bulan Ramadhan, setiap orang diberi kesempatan untuk saling berbagi."BUlan ini orang mampu memberi ke yang tidak mampu dan yang berkelebihan membantu yang kekurangan," jelasnya.

Terpopuler