Lakukan Gaya Hidup Ini Agar Lebih Fokus Berpuasa Ramadhan

Rep: c 26/ Red: Indah Wulandari

Selasa 23 Jun 2015 04:34 WIB

Makan Sahur (ilustrasi) Foto: theworldandyouth.wordpress.com Makan Sahur (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Dokter Atul Aundhekar melalui Khaleej Times, Selasa (23/6) memberikan tips untuk memastikan tubuh dan pikiran tetap terjaga selama berpuasa Ramadhan.

Jangan Lewatkan Sahur

Ini yang juga paling penting. Di samping hukumnya sunnah, sahur akan membantu tubuh tetap bertenaga hingga berbuka.

Makan cukup karbohidrat yang diseimbangkan dengan protein dapat memebantu menahan lapar lebih lama. Ingatlah juga untuk minum minimal dua atau tiga gelas air sebelum Anda mulai puasa untuk menghindari dehidrasi.

Makan juga Berarti Diet Sehat

Setelah berjam-jam puasa, konsumsi karbohidrat sesempurna mungkin. Puasa sering dapat meningkatkan kadar keasaman lambung dalam perut yang dapat menyebabkan perih.

Hal ini dapat dihindari dengan mengonsumsi makanan kaya serat seperti roti gandum, sayuran, dan buah-buahan. Karbohidrat kompleks ditemukan dalam makanan yang mengandung biji-bijian dan biji seperti barley, gandum, oat, millet, semolina, kacang-kacangan, lentil, makan tepung utuh dan beras merah.

Jangan takut akan berat badan karena tubuh juga butuh asupan lengkap.

Mendisiplinkan Diri

Seperti puasa, bulan suci Ramadhan pada dasarnya adalah latihan disiplin diri. Bagi mereka yang perokok aktif, atau pecandu kafein, ini adalah kesempatan yang baik untuk menghentikan kebiasaan itu. Puasa benar-benar dapat menjadi cara yang bagus untuk menurunkan berat badan. Sebab, kalori yang terbakar saat puasa lebih besar dari asupan yang masuk.

Terpopuler