Korlantas Polri Siapkan Aplikasi Peta Mudik

Rep: Rahmat Fajar/ Red: Agung Sasongko

Senin 22 Jun 2015 15:52 WIB

Polisi Wanita (Polwan) dari Polda metro Jaya membagikan peta mudik kepada pengendara kendaraan. (ilustrasi) Foto: Republika/Yasin Habibi Polisi Wanita (Polwan) dari Polda metro Jaya membagikan peta mudik kepada pengendara kendaraan. (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Korlantas Mabes Polri menyiapkan aplikasi IBOLZ untuk para pemudik. Aplikasi ini memberikan akses informasi terkait kondisi jalur mudik.

"Kita membantu pemudik untuk bisa mengakses CCTV secara real time dari android," ujar Kepala Korlantas, Irjen Condro Kirono, di Perguruan Tinggi Ilmu Kepolisian (PTIK), Jakarta Selatan, Senin (22/6).

Condro menjelaskan, peta mudik yang selama ini dibagikan secara manual juga sudah dimasukkan ke aplikasi IBOLZ. Aplikasi tersebut juga tersambung dengan CCTV. Sehingga, pemudik dapat melihat peta mudik sekaligus memantau jalur mudik melalui CCTV.

"Kalau peta manual kan tidak bisa melihat CCTV," kata Condro.

Pada tahun ini, Condro memprediksi pemudik dengan menggunakan sepeda motor masih tinggi. Sekitar dua juta pengendara motor diperkirakan akan digunakan pemudik untuk pulang kampung.

"Tahun lalu rata-rata segitu. Kalau liat dari jumlah penambahan kendaraan tinggi pasti nambah terus," katanya menambahkan.

 

Terpopuler