Pengendara Sepeda Motor Dapat Perhatian Lebih pada Musim Mudik

Rep: Rahmat Fajar/ Red: Agung Sasongko

Senin 22 Jun 2015 14:13 WIB

Pemudik motor Foto: Republika/ Wihdan Pemudik motor

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kapolri Jenderal Badrodin Haiti mengatakan, pengendara sepeda motor mendapatkan perhatian lebih pada musim arus mudik. Sebab, 70 persen kecelakaan melibatkan pengendara sepeda motor.

"Saya sampaikan ke Kakorlantas untuk melakukan survei kecelakaan," ujarnya, di Perguruan Tinggi Ilmu Kepolisian (PTIK), Jakarta Selatan, Senin (22/6).

Menurut Badrodin, terkait berapa jam pengendara sepeda motor harus beristirahat juga harus disurvei. Karena itu, tempat istirahat juga harus dipersiapkan.

Jangan sampai tidak ada tempat istirahat saat pengendara sepeda motor akan beristirahat. Sehingga memilih beristirahat di pinggir jalan.

Lebih lanjut, Badrodin menjelaskan, terkait dibukanya Tol Cipali diyakini kemacetan akan bergeser dari Jawa Barat ke daerah Jawa Tengah yaitu Brebes, Tegal, Pekalongan, dan Batang. Karena itu, hal tersebut juga harus diantisipasi.

Badrodin menegaskan, Polri siap menambah kekuatan jika memang diperlukan. Selanjutnya, kecelakaan yang terjadi di Tol Cipali juga sedang dilakukan penelitian.

"Apakah konstruksi jalan yang sebabkan kecelakaan atau human eror," kata Badrodin.

 

Terpopuler