Berbuka dengan Tuna Salad Kurma

Red: Indira Rezkisari

Senin 22 Jun 2015 09:01 WIB

Tuna salad kurma Foto: dok Kedubes AS Tuna salad kurma

REPUBLIKA.CO.ID, Berbuka puasa dengan kurma mengandung banyak manfaat. Selain glikemiks indeksnya rendah, kurma juga memberi energi tanpa memicu lonjakan gula pada tubuh. Kurma juga kaya serat makanan, mengandung beragam mineral seperti kalsium, mangan, tembaga, dan magnesium, serta kaya zat besi. Jangan heran Rasul menyarankan berbuka puasa dengan kurma.

Tak hanya dimakan begitu saja, kurma dapat diolah sebagai bahan makanan. Bila biasanya kurma sebatas digunakan sebagai campuran kue atau kolak, bagaimana jika kali ini menyajikannya dalam bentuk salad.

Rasanya yang manis akan memberi tambahan citarasa di salad yang gurih. Cocok sebagai makanan pembatal puasa yang ringan, namun penuh gizi.

Tuna salad kurma ini diracik oleh diplomat Muslim AS, Ali Abdi, beberapa waktu lalu. Ia menggunakan kurma asal Amerika, yakni kurma Medjool. Aneka kurma lain tetap dapat dipilih. Perhatikannya takarannya saat menggunakan kurma lain. Kurma Medjool berukuran dua kali lipat kurma biasa dan rasanya manis alami.

Tuna Salad Kurma

Bahan-bahan:

1 sdm kurma Medjool

Setengah cangkir tuna segar bakar atau tuna kaleng

1,5 sdm mayones

Setengah sdt mustar

Setengah sdt bubuk kari

1 sdm seledri besar, rajang halus

1 sdm wortel, kupas rajang halus

1 sdm kacang pecan atau almond

1 sdt yogurt rendah lemak

Cara memasak:

Di dalam mangkuk campur semua bahan. Tambahkan yogurt. Hidangkan segera atau disimpan di kulkas atau disantap kemudian.

Terpopuler