Buah Cegah Gangguan Pencernaan Saat Ramadhan

Rep: C38/ Red: Indira Rezkisari

Ahad 21 Jun 2015 19:43 WIB

Buah apel baik dikonsumsi selama Ramadhan karena kaya serat dan mencegah gangguan pencernaan. Foto: Antara Buah apel baik dikonsumsi selama Ramadhan karena kaya serat dan mencegah gangguan pencernaan.

REPUBLIKA.CO.ID, Setelah seharian berpuasa, menyantap menu makanan berat saat buka puasa bisa memyebabkan gangguan pencernaan. Tubuh membutuhkan buah-buahan yang mampu melancarkan pencernaan dan menyuplai cairan dalam tubuh.

Dilansir dari Arabian Bussiness pada Ahad (21/6), chef di restoran India Palace UAE menyarankan buah-buahan berikut ini untuk membantu melancarkan pencernaan, menjaga asam lambung, dan mencegah dehidrasi.

Semangka

Semangka mengandung 92 persen air, sarat dengan vitamin A, B6, C, nutrisi, anti oksidan, asam amino, serta kalium. Kesemua zat ini membantu menghidrasi tubuh.

Jeruk

Jeruk dikenal karena kemampuannya menyegarkan tubuh. Jeruk memenuhi 100 persen kebutuhan vitamin C harian.

Anggur

Anggur memiliki kemampuan untuk mengatasi sembelit, gangguan pencernaan, dan kelelahan. Anggur kaya akan vitamin A, C, B6, dan mineral seperti kalium, kalsium, zat besi, fosfor, magnesium, dan selenium.

Stroberi

Stroberi tidak hanya mengandung vitamin C, tetapi juga terbukti membersihkan pembuluh darah dan mengatur gula darah.

Apel

Apel menyediakan kecukupan serat bagi tubuh dan menstimulasi kesehatan usus besar. Satu apel setiap hari akan mencegah gangguan pencernaan terjadi.

Lemon

Lemon dikenal karena kualitas antiseptiknya. Ini adalah pilihan yang baik di bulan Ramadhan karena mampu mendetoksifikasi organ hati, meningkatkan kadar cairan dalam tubuh, dan mencegah dehidrasi.

Terpopuler