Badrodin Haiti: Ramadhan Bulan Paling Dirindukan Umat Islam

Rep: C08/ Red: Erik Purnama Putra

Ahad 21 Jun 2015 15:49 WIB

Kapolri Jenderal Badrodin Haiti. Foto: Republika/Rakhmawaty La'lang Kapolri Jenderal Badrodin Haiti.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kapolri Jenderal Badrodin Haiti menilai, Ramadhan adalah bulan  istimewa yang sangat dirindukan setiap umat Islam di dunia. Untuk itu lah, ia mengimbau, umat Islam agar memanfaatkan bulan Ramadhan dengan melakukan ibadah sebanyak-banyaknya,

“Bagi kita sebagai umat Islam ramadhan itu sangat dirindukan, bulan Ramadhan itu memberikan kesempatan kepada kita berbuat ibadah apa saja karena pahalanya dilipatgandakan oleh Allah SWT,” kata Badrodin saat diwawancarai Republika di rumah dinasnya di Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Ahad (21/6).

Bagi Badrodin, bulan puasa tidak hanya menahan haus, lapar dan hawa nafsu, tetapi juga untuk berlatih kesabaran agar dewasa dalam pengendalian diri.

Dia menyayangkan, masih saja ada pihak atau kelompok tertentu yang meluapkan emosi dengan  cara melakukan tindak kekerasan. Baginya hal tersebut bentuk kegagalan dalam mengendalikan diri sehingga merusak nilai-nilai kebaikan yang ada pada saat bulan puasa.

Selain itu, Kapolri juga mengingatkan kepada masyarakat agar selama Raamdhan tidak lupa untuk menjunjung tinggi toleransi. Kapolri menilai toleransi dengan sikap saling menghargai juga termasuk kepada salah satu ibadah karena bertujuan untuk menegakkan perdamaian dan persatuan umat.

“Di bulan puasa kita juga harus membangun toleransi,” ujar mantan kepala Polda Jatim tersebut.

Terpopuler