Tips Sehat Makan Sahur

Rep: C38/ Red: Winda Destiana Putri

Senin 22 Jun 2015 01:31 WIB

Hidangan sahur (ilustrasi) Foto: Republika/Rakhmawaty La'lang Hidangan sahur (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Secara kesehatan, sahur sangat bermanfaat. Makanan dan minuman yang masuk saat sahur akan menjadi cadangan energi sehingga kita tidak terlalu lapar atau haus saat berpuasa.

Direktur Utama Halimun Medical Centre, Dr. Briliantono Soenarwo menjelaskan beberapa tips sehat saat makan sahur. Pertama, makan sahur jangan berlebihan, karena itu akan membuat kita malas atau berat beraktivitas.

Kedua, makan menu beragam dengan gizi yang cukup, terutama nasi yang mengandung karbohidrat kompleks. Ketiga, tetaplah makan buah untuk kebutuhan serat. Hindari konsumsi makanan instan. Ini biasa dilakukan anak-anak kos. Selain itu, kurangi makanan yang mengandung garam tinggi.

Keempat, minum air putih yang cukup saat sahur dan menjelang subuh. Tapi hindari minum minuman manis yang berlebihan. Kelima, hindari minum kopi atau teh yang bisa membuat kita sering buang air kecil, yang menyebabkan tubuh kekurangan cairan.

Keenam, jangan lupa minum obat bagi penderita penyakit yang mengharuskan minum obat. Ketujuh, akhirkan makan sahur, kurang lebih satu atau setengah jam sebelum subuh. Selain merupakan sunnah Rasul, mengakhirkan sahur juga nyata manfaatnya untuk kesehatan.

Proses pencernaan kita kurang lebih memerlukan waktu 10 jam. Jika kita mengakhirkan sahur, hikmahnya masa kosong perut tidak akan terlalu lama. Hanya sekitar 2-3 jam saja.

Terpopuler