Waspadai Penyakit Kemarau Selama Puasa

Red: Agung Sasongko

Ahad 21 Jun 2015 09:48 WIB

Musim kemarau (ilustrasi). Foto: Antara/Arief Priyono Musim kemarau (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, SLEMAN - Dinas Kesehatan Kabupaten Sleman mengimbau agar masyarakat senantiasa berhati-hati terhadap penyakit kemarau saat Ramadhan 1436 H ini. Karena bulan puasa tahun ini bertepatan dengan awal musim kemarau.

"Ya kalau untuk sekarang masyarakat harus waspada terhadap penyakit Ispa, diare, dan konjungtivitis atau radang mata," tutur Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sleman, dr. Mafilindati Nuraini saat ditemui di kantor dinasnya, Jumat (19/6). Menurutnya saat musim kemarau ini banyak debu yang berterbangan. Sehingga bisa terhirup pernapasan dan masuk ke dalam selaput mata.

Ditambah lagi dengan suhu udara yang dingin, memungkinkan daya tahan tubuh menurut. Maka itu perempuan yang akrab disapa Malin itu mengimbau agar masyarakat tetap menjaga kebersihan lingkungannya. Selain itu masyarakat juga harus menjaga kesehatan dirinya dengan menjaga kebersihan makanan.

"Untuk bulan puasa ini diharapkan masyarakat mengonsumsi makanan berimbang," ujar Malin. Paling tidak dalam satu porsi makanan sudah mencakup unsur protein, karbohidrat, vitamin, dan gizi yang mencukupi. Selain itu, jangan lupa makan buah-buahan sebagai asupan tambahan.

"Jangan sampai mengonsumsi makanan yang mengandung bahan pewarna dan pengawet," tambah Malin menutup penjelasanny

Terpopuler