Selama Ramadhan, Pemerintah Negara Bagian Nigeria Bagikan Makanan Gratis

Rep: C28/ Red: Israr Itah

Ahad 21 Jun 2015 03:43 WIB

Berbuka puasa (ilustrasi). (Republika/Raisan Al Farisi) Berbuka puasa (ilustrasi). (Republika/Raisan Al Farisi)

REPUBLIKA.CO.ID, KANO— Mayoritas warga negara bagian Kano, Nigeria, merupakan pemeluk Islam. Oleh sebab itu, pemerintah Kano mengalokasikan dana lebih dari 220 juta Naira (Rp 14,7 miliar) untuk menyediakan makanan gratis selama Ramadhan ini. 

“Umat Muslim warga Kano akan menikmati hidangan secara cuma-cuma sepanjang bulan Ramadhan,” ujar Alhaji Usman Bala, kepala program pemberian makanan gratis seperti dikutip Bala tengah pekan ini.

Bala mengatakan pemerintah telah menyiapkan segala sesuatunya untuk menyukseskan program ini. Makanan gratis itu disalurkan melalui pemerintah setempat. Sekitar 120 hingga 175 tempat disiapkan untuk membagikan makanan gratis tersebut.

Bala mengtakan, bahan makanan yang akan diberikan kepada warga muslim tersbeut, seperti beras, kacang, tepung, minyak goreng dan lain-lain. 

Bahan pokok tersebut, kata Bala, sudah tersedia di masing-masing lokasi pembagian. “Setiap lokasi memiliki lima kordinator. Selain itu, ada enam koki yang menyiapkan makanan tersebut,” jelasnya.

Ia menambahkan, pemerintah juga memantau jalanya situasi kondisi di lapangan untuk memastikan kebersihan makanan dan lingkungan tempat penyaluran itu. 

“Program ini ditujukan membantu warga yang kurang mampu selama Ramadan ini. Jadi kami berharap para pengurus lokasi pembagian tersebut, jujur dan tulus saat membantu.“ ujarnya. 

 

 

 

 

Terpopuler