Organisasi Muslim Afrika Selatan Distribusikan Makanan Buka dan Sahur

Rep: C28/ Red: Israr Itah

Ahad 21 Jun 2015 01:14 WIB

 Berbuka puasa (ilustrasi). (Antara/Syifa) Berbuka puasa (ilustrasi). (Antara/Syifa)

REPUBLIKA.CO.ID, JOHANNESBURG -- Sebuah organisasi Muslim di Afrika Selatan telah mendistribusikan paket makanan untuk  Muslim yang kurang mampu di seluruh Afrika. Ini untuk memastikan agar umat Islam tak mampu di benua hitam itu tidak kekurangan makanan saat berbuka puasa dan sahur selama Ramadan.

“Kami telah mendistribusikan paket makanan mentah di Afrika Selatan, Mozambik dan Malawi,” kata direktur  Badan Muslim Afrika (AMA) Hassan Choonara kepada Anadolu Agency, Sabtu (20/6).

“Kami juga menyediakan makana untuk iftar dan sahur di 29 negara-negara Afrika.”

Dia berharap  organisasinya dapat  memberi makan lebih dari tiga juta Muslim di Afrika selama bulan puasa tahun ini.

“Pada tahun lalu, kami memberi lebih dari satu juta Muslim selama Ramadhan. Tapi target pada tahun ini, kami berharap tiga kali lipat dari tahun kemarin, yaitu sekira tiga juta ummat, Insya Allah,” tambah Choonara. 

Choonara mengatakan AMA telah membangun  puluhan masjid di seluruh Afrika. Staf masjid ini memberikan makanan untuk berbuka puasa dan sahur kepada umat Muslim yang kurang mampu.

“Untuk memberi makan untuk setiap masjid di desa selama bulan Ramadhan, kami menghabiskan biaya sekitar 2.500 rand (Rp 2,7 juta)," ungkap dia.

Dia menambahkan bahwa organisasinya juga menyediakam paket makanan mentah bagi keluarga miskin yang lebih suka memasak sendiri. 

 

Terpopuler