Ramadhan Tiba, Para Pria Hiasi Mata

Red: Didi Purwadi

Selasa 23 Jun 2015 14:14 WIB

Seorang pria menghiasi matanya dengan celak. (ilustrasi) Foto: Reuters Seorang pria menghiasi matanya dengan celak. (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kaum pria India dan Yaman memiliki kesamaan dalam menyambut bulan suci Ramadhan. Mereka menyambutnya dengan menghiasi mata-mata mereka.

Di India, tradisi ini dikenal dengan nama ramazan. Para lelaki Muslim India akan menghiasi mata mereka dengan kohl --sejenis celak mata. Para kaum pria akan saling memakaikan celak mata.

Seperti dikutip dari situs Islamiclife, tradisi ramazan merupakan tradisi yang umum dilakukan oleh masyarakat Timur Tengah dan Mediterania.

Biasanya kaum wanita yang mengenak celak untuk membuat mata mereka terlihat indah. Selain itu, tulis Islamclife, celak juga bermanfaat untuk menyuburkan bulu mata.

Pria muslim di Yaman juga melakukan tradisi serupa dalam menyambut bulan Ramadhan. Para kaum pria akan saling menghiasi mata mereka dengan celak.

Selain itu, ada pula yang memaki celak di rumah lalu pergi belanja ke pasar-pasar. Di sejumlah masjid, ada juga yang menawarkan jasa memakaikan celak.

Terpopuler