Mushalla Al-Mukhtar Sawangan Gelar Pengajian Untuk Anak-anak

Red: Irwan Kelana

Sabtu 20 Jun 2015 16:36 WIB

Anak-anak belajar mengajai di Mushalla Al-Mukhtar Sawangan Foto: Irwan Kelana/Republika Anak-anak belajar mengajai di Mushalla Al-Mukhtar Sawangan

REPUBLIKA.CO.ID, DEPOK -- Mushalla Al-Mukhtar  yang berlokasi di RT 03, RW 09, Kelurahan Sawangan, Kecamatan Sawangan, Kota Depok, Jawa Barat, menggelar pengajian untuk anak-anak. Kegiatan tersebut diadakan selama Ramadhan 1436 H,  setiap sore hingga menjelang Maghrib.

Para peserta pengajian itu adalah anak-anak TK dan SD dari RT 01, RT 02 dan RT 03 di lingkungan RW 09 Sawangan. Mereka diasuh oleh pengurus Mushalla Al-Mukhtar , Munadi, dibantu beberapa relawan.

“Kegiatan pengajian ini bertujuan terutama agar anak-anak dapat mengisi waktunya di bulan Ramadhan ini, khususnya sore hingga menjelang buka puasa, dengan kegiatan yang positif dan bermanfaat dunia dan akhirat,” kata Munadi kepada Republika, Sabtu (20/6).

Kegiatan pengajian diawali dengan shalat Ashar berjamaah. “Tujuannya agar anak-anak tersebut terbiasa melaksanakan shalat fardhu secara berjamaah di masjid atau mushalla. Untuk itu, kami pun memberikan materi pelajaran wudhu dan shalat,” ujar  Munadi yang juga ketua RT 03 RW 09 Sawangan.

Setelah itu anak-anak belajar membaca Alquran sesuai tingkatan dan kemampuan masing-masing. “Kami jugamemberikan materi pelajaran akhlak dan aqidah. Hal itu penting agar sejak kecil anak-anak memiliki aqidah yang kuat dan akhlak yang mulia,” tutur Munadi yang juga berprofesi sebagai guru SD di Jakarta.

Selain itu, anak-anak tersebut juga diajarkan mengenai kebersihan. “Kami mengajak anak-anak bekerja bakti membersihkan halaman mushalla. Hal itu bertujuan agar mereka meresapi bahwa menjaga kebersihan itu merupakan bagian dari iman,” papar Munadi.

Ia menambahkan, anak-anak itu juga aktif melaksanakan shalat Maghrib berjamaah, Isya berjamaah, Tarawih berjamaah, dan Shubuh berjamaah. "Semoga bila sejak kecil mereka sudah aktif di mushalla atau masjid, mereka kelak menjadi orang-orang yang saleh dan berguna bagi mashyarakat, nusa dan bangsa," harap Munadi.

Terpopuler