Majelis Taklim Al Hidayah Aktif Adakan Tadarus Alquran Berjamaah

Red: Damanhuri Zuhri

Sabtu 20 Jun 2015 08:52 WIB

pengurus dan jamaah majelis taklim al hidayah, perumahan kopassus, aktif mengadakan tadarus berjamaah Foto: dok, dkm al hidayah pengurus dan jamaah majelis taklim al hidayah, perumahan kopassus, aktif mengadakan tadarus berjamaah

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ada yang menerik selama bulan suci Ramadhan di Masjid Al Hidayah, Perumahan Kopassus Pelita, Sukatani, Tapos, Depok, Jawa Barat.

Menurut ketua Dewan Keluarga Masjid (DKM) Al Hidayah, Trihadi Deritanto, pengurus dan jamaah Majelis Ta'lim Kaum Ibu Masjid Al-Hidayah, setiap bulan suci Ramadhan senantiasa aktif menggelar tadarus Alquran bersama.

''Setiap Bulan Ramadhan, pengurus dan jamaah Majelis Taklim Al Hidayah mengadakan kegiatan Tadarus Al Qur'an. Setiap peserta selalu bergantian membaca satu juz Alquran setiap malamnya, sehingga bisa khatam Alquran,'' ungkap Ustaz H Trihadi kepada Republika, Sabtu (20/6).

Kegiatan yang berlangsung sejak lima tahun itu, ungkap Deritanto, diikuti 20 hingga 30 orang setiap malamnya. ''Sejak lima tahun lalu, secara bergantian sebanyak 20 hingga 30 orang, selalu melakukan tadarus Alquran berjamaah,'' jelasnya.

Sebagai ketua DKM Al Hidayah, Deri, begitu ia akrab disapa, sangat mengapresiasi kegiatan tadarus Alquran berjamaah. ''Suasana Masjid Al Hidayah tidak langsung sepi begitu shalat tarawih selesai, karena banyak ibu-ibu yang mengikuti tadarus Alquran bersama,'' paparnya.

Deri menyebutkan, tujuan digelarnya Tadarus Alquran berjamaah antara lain untuk memakmurkan Masjid Al Hidayah. Selain itu, untuk memberikan ksempatan kepada jamaah kaum ibu yang telah lancar membaca Alquran, bisa mengkhatamkan Alquran secara berjamaah.

''Tujuan ketiga dari Tadarus Alquran Berjamaah adalah menjalin silaturahim terutama di antara jamaah yang fasih membaca Alquran,'' ungkap Deri menjelaskan.

Yang menarik, sambung Deri, untuk keperluan kegiatan tadarus Alquran bersama kaum ibu itu, ada yang biasa membawa makanan dari rumah untuk dinikmati para peserta tadarus Alquran setelah acara selesai. ''Sedangkan minuman, pihak masjid yang menyediakan.''

Deri mengaku sangat gembira dengan kegiatan Tadarus Alquran berjamaah tersebut. Selain Masjid Al Hidayah tampak meriah setelah selesai shalat Tarawih, juga kegiatan tersebut menghidupkan malamnya turun Alquran hingga selesai Ramadhan.

Hj Nurbini, salah seorang jamaah yang aktif mengikuti tadarus Alquran berjamaah mengaku sangat senang bisa bergabung dalam kegiatan tersebut.

''Saya sangat bersyukur adanya kegiatan tadarus Alquran di setiap Ramadhan yang dilakukan secara berjamaah. Selain menambah amal ibadah, kegiatan ini juga membuat ibu-ibu terpacu untuk senantiasa meningkatkan cinta membaca Alquran,'' tutur Hj Nurbini menerangkan.