Ilham Habibie Safari Ramadhan ke Sejumlah Pesantren

Rep: Muhammad Iqbal/ Red: Didi Purwadi

Ahad 21 Jun 2015 11:11 WIB

Ilham Habibie (kanan) Foto: Antara/Jafkhairi Ilham Habibie (kanan)

REPUBLIKA.CO.ID, SINGAPURA -- Bulan suci Ramadhan diikuti dengan menjalankan ibadah puasa tentu membuat kondisi tubuh tidak sesempurna hari biasa. Lapar dan dahaga jadi pembeda. Meskipun begitu, aktivitas keseharian tidak boleh berkurang sama sekali.

Ilham Akbar Habibie pun demikian. Alumni Universitas Chicago ini mengaku kerap mengadakan safari Ramadhan. Tujuannya ke mana?

"Biasanya pergi ke pesantren-pesantren," ujar Ilham.  Di sana, Anak pertama dari Presiden ketiga Republik Indonesia BJ Habibie ini memberikan ceramah yang terkait dengan pendidikan, teknologi, ilmu pengetahuan dan teknologi hingga masa depan. Tujuannya tentu untuk memberikan pencerahan bagi santri-santri di pesantren.

"Setiap tahun seperti itu. Dan saya sudah ke banyak tempat se Indonesia di Jawa, Kalimantan, Sulawesi, Lombok, dan lain-lain," kata Ilham saat ditemui Republika selepas menunaikan ibadah shalat Jumat di Masjid Bencoolen, Singapura, beberapa waktu lalu.

Khusus untuk tahun ini, Presiden Director PT Ilthabi Rekatama ini mengaku belum bisa segera memutuskan agenda-agenda ceramah. Pasalnya, dia harus melakoni perjalanan ke mancanegara sebelum kembali ke Tanah Air 27 Juni nanti.

''Jadi, tahun ini (safari Ramadhan) agak pendek,'' kata Ilham.  Selain berceramah, Ilham pun aktif mengadakan buka puasa bersama dengan rekan-rekan di kantor maupun di rumah. ''Saya kira itu di mana-mana sama ya,'' ujar Ilham.

Terpopuler