Kembalikan Energi Setelah Puasa dengan Blewah

Rep: C24/ Red: Winda Destiana Putri

Jumat 19 Jun 2015 15:00 WIB

Pilih blewah yang berwarna kuning dangan bercak kehijauan. Foto: dok Republika Pilih blewah yang berwarna kuning dangan bercak kehijauan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA --Menahan lapar dan haus merupakan salah satu yang dirasakan umat Muslim ketika berpuasa. Untuk mengembalikan energi yang hilang tersebut, Anda wajib mengonsumsi minuman sehat dan menyegarkan.

Salah satunya adalah blewah. Seorang Ahli gizi dari Universitas Gajah Mada Emilia Choiriyah mengatakan khasiat yang terkandung dalam buah blewah yakni mengandung gula yang sederhana.

"Blewah memiliki kandungan gula yang sederhana. Karena itu kandungan gula dalam buah ini cepat dipecah dan diubah menjadi energi," ujar Emil saat dihubungi Republika, belum lama ini.

Emil menjelaskan buah blewah mengandung vitamin C. Kandungan vitamin tersebut berkhasiat menambah energi dan kesegaran pada tubuh. Sedangkan kekurangan vitamin C dapat menyebabkan mudah lelah, animea dan sariawan. Vitamin C bisa didapatkan dari buah-buahan salah satunya blewah, mentega dan ikan.

Blewah adalah tumbuhan merambat yang menghasilkan buah besar bulat bergaris pada setiap sisinya. Buah ini sering digunakan sebagai minuman penyegar di Asia Tenggara. Selain timun suri dan kolang-kaling, blewah sejenis dengan melon namun berbeda kelompok budidaya. Buah ini berbentuk liana, seperti juga labu dan mentimun.

Terpopuler