Tidak Ada Pisang, Ubi Bisa Dijadikan Kolak

Rep: C27/ Red: Winda Destiana Putri

Jumat 19 Jun 2015 16:37 WIB

Kolak (Ilustrasi) Foto: Google Kolak (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Salah satu penganan yang biasanya disajikan sebagai menu pembuka saat bulan Ramadhan adalah kolak.

Selain menggunakan bahan-bahan terbaik, penambahan rasa dan wangi pandan, serta penggunaan gula aren merupakan satu hal penting membuat kolak itu lebih lezat.

Menurut pakar kuliner nusantara William Wongso, pemilihan pisang pun menjadi aspek penting sebelum membuat penganan yang umumnya memiliki rasa yang manis tersebut.

"Karena pisang itu manis, teksturnya lembut dan tidak keras," katanya kepada Republika, belum lama ini.

Dijelaskan lebih lanjut, hanya pisang tertentu yang dapat diolah sebagai kolak. Salah satunya adalah pisang raja. Alasannya tentu karena pisang ini teksturnya paling lembut dan memiliki rasa yang manis,

"Kalau menurut saya pisang yang paling baik digunakan sebagai kolak adalah pisang raja, tapi pisang raja sudah susah ditemui, pisang kepok yang bagus juga bisa, yang penting manis dan teksturnya tidak terlalu keras," katanya menambahkan.

Namun bila pisang yang baik sulit ditemukan, dirinya menyarankan bisa menggunakan ubi atau penganan lainnya yang bisa direbus dan memiliki tekstur seperti pisang, tidak keras dan manis.

Terpopuler