10 Pelajaran Penting pada Bulan Ramadhan (2)

Rep: Mutia Ramadhani/ Red: Agung Sasongko

Jumat 19 Jun 2015 09:43 WIB

Umat Muslim menggelar shalat tarawih di bulan suci Ramadhan. (ilustrasi) Foto: AP/Anjum Naveed Umat Muslim menggelar shalat tarawih di bulan suci Ramadhan. (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID DENPASAR -- Bulan Ramadhan mengajarkan kita banyak pelajaran penting. Allah memerintahkan puasa kepada manusia supaya mereka mendapatkan takwa. Takwa dalam hal ini bearti perisai diri untuk mengendalikan amarah agar terhindar dari neraka Allah.

Anda tentunya ingin terbebas dari api neraka. Menjalankan ibadah puasa setidaknya mengajarkan kita 10 hal, dilansir dari the Muslim Times, Jumat (19/6).

5. Mengajarkan bertobat

Rasulullah bersabda, "Seluruh anak Adam berdosa, dan sebaik-baik orang yang berdosa adalah yang bertaubat," (HR Ibnu Maajah). Ramadhan mengajarkan kita untuk mencari pengampunan Allah. (Mutia Ramadhani)

6. Rajin beramal

Ibnu Abbas berkata, "Nabi Muhammad SAW merupakan orang yang paling dermawan di antara manusia. Kedermawanannya meningkat saat malaikat Jibril menemuinya setiap malam hingga berakhirnya bulan Ramadhan, lalu Nabi membacakan Alquran dihadapan Jibril. Pada saat itu kedermawanan Nabi melebihi angin yang berhembus."

7. Meningkatkan persatuan dan kesatuan sesama Muslim

Rasulullah bersabda, “Sesungguhnya siapa saja yang hidup di antara kalian sepeninggalku akan melihat perselisihan yang banyak, maka hendaknya kalian berpegang teguh kepada sunnahku dan sunnah Al-Khulafa. Berpegangteguhlah padanya,” (HR Tirmidzi).

Seluruh Muslim di dunia berpuasa pada waktu yang sama, menyembah Allah bersama, dan berdoa bersama. Oleh sebabnya, Ramadhan menjadikan Muslim sebagai satu kesatuan. Semuanya akan merasa satu hati dansatu jiwa jika ketaatan mereka kepada Allah dan Rasulnya meningkat.

Yuk berbagi pengalaman puasa. Kirim cerita pengalaman puasa beserta foto Anda ke [email protected]

Terpopuler