Pisang Ijo Camilan Khas Ramadhan dari Makassar

Rep: Debbie Sutrisno/ Red: Indira Rezkisari

Kamis 18 Jun 2015 18:11 WIB

Pisang Ijo Camilan Khas Ramadhan dari Makassar. Foto: Antara Pisang Ijo Camilan Khas Ramadhan dari Makassar.

REPUBLIKA.CO.ID, Berbagai aneka makanan dan minuman khas Ramadhan kerap kali tersaji di berbagai sudut jalan. Di kota Makassar, Pisang Ijo dan Palu Butung menjadi dua sajian yang selalu di cari masyarakat.

Pisang Ijo memang menjadi salah satu makanan unik yang ada di bulan Ramdahan. Saking uniknya, panganan ini bisa ditemui di jalan protokol hingga jalan-jalan kecil. Makanan favorit dari Makassar ini mampu membuat selera makan kita semakin bertambah. Bagaimana tidak, warna hijau cerah dari balutan kulit pisang serta kuah sirup berwarna merah dicampur parutan es, menghasilkan campuran warna sempurna. Dengan rasa manis dengan sedikit kecut dari pisang raja menambah kenikmatan panganan khas ini.

Di Makassar sendiri, salah satu sentral panganan khas Ramadhan khususnya Pisang Ijo bisa di jumpai di jalan Mappanyuki belakang gedung Wisma Kalla. Hampir sepanjang jalan ini kita menemui pedagang yang menyajikan camilan yang satu ini.

Rahma salah satu pedagang Pisang Ijo di Jalan Mappanyuki mengatakan, setiap tahunnya banyak pedagang makanan tradisional yang berpindah ke jalan ini. Selain berada di tengah kota, kawasan ini memang sejak lama menjadi sentral penjualan makanan saat memasuki bulan Ramadhan.

Untuk harga pun bisa bervariasi, tergantung pada ukurannya. Terkadang ada juga ada beberapa pedagang yang berbeda variasi harga. "Masih standar untuk harga. Berkisar dari tujuh ribu samapi sepuluh ribu rupiah," ujar Rahma, Kamis (18/6).

Rahma menjelaskan, untuk membuat pisang ijo tidak terlalu sukar. Namun butuh ketelitian dalam campuran bahannya. Untuk membuat pelapis pisang, haluskan daun pandan dan daun suji dengan cara ditumbuk, lalu diberikan sediit air. Kemudian peras dan saring air campuran tersebut. Campurkan hasil saringan tersebut dengan tepung beras, santan, gula dan garam. Semuanya dimasak dengan api kecil sambil diaduk-aduk hingga kental dan matang, lalu angkat dan tiriskan.

Ambil selembar daun pisang dan olesi dengan minyak pada permukaan lalu tarus beberapa sendok adonan tepung, kemudian pipihkan. Letakan satu buah pisang raja yang cukup tua, lapisi bagian atas bawah dengan adonan tersebut. Kemudian gulung hingga menyerupai lontong. Kukus hingga matang lalu angkat dan dinginkan.

Sementara untuk bahan saus, bahan berupa gula pasir, daun pandan, garam, santan cair dan tepung beras dicampurkan secara merata. Bahan ini kemudian diaduk samapi mengental dan tiriskan.

Trik terakhir, potong Pisang Ijo yang sudah ada kemudian sajikan dengan saus dan tambahan es batu. Untuk sirup, bisa disiram dengan sirup cocopandan. Namun untuk Pisang Ijo khas Makassar sirup khusus yang biasa disebut pisang ambon (DHT), mampu membuat rasanya lebih nikmat.

 

Terpopuler