Begini Usaha Sopir Taksi Kristen Ucapkan Selamat Puasa

Rep: C07/ Red: Ilham

Kamis 18 Jun 2015 12:03 WIB

Taksi (ilustrasi) Foto: FIRMASEC Taksi (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, KAIRO -- Berbagai ucapan disampaikan kepada umat Islam menyambut bulan suci Ramadhan. Namun, salah satu yang unik dilansir Ahram Online, dimana seorang sopir taksi di Kairo melukis bagian belakang taksinya dengan ucapan selamat menunaikan ibadah puasa kepada Muslim di ibu kota Mesir tersebut.

"Saya Kristen, aku mencintai saudara Muslim saya, Happy Ramadan," tulis sopir itu pada taksinya.

Sebelumnya, Mufti Nasional Mesir, Prof Dr Syeikh Shawqi Allam, pada Selasa (16/6) malam menetapkan awal puasa Ramadhan 1436 Hijriyah jatuh pada Kamis (18/6). Penetapan tersebut berdasarkan Sidang Isbat di Markas Besar Darul Ifta, yaitu Lembaga Fatwa yang berperan sebagai penasehat pemerintah di bidang keagamaan, termasuk penetapan Hari-Hari Besar Islam.

Menurut Allam, penetapan awal Ramadhan ini berdasarkan dua metode, yaitu Rukyatul Hilal atau melihat hilal lewat teropong bintang dan menggunakan metode hisab atau perhitungan astronomi secara ilmiah.

Titik-titik tempat Rukyatul Hilal, antara lain di Bukit Tursina di Semenanjung sinai di bagian paling timur Mesir, Bukit Mukattam di Kairo dan Bukit Marsa Matrouh di bagian paling barat Negeri Piramida itu.

Mufti Nasional yang memimpin Darul Ifta, yaitu lemmbaga fatwa yang berperan sebagai penasehat pemerintah di bidang keagamaan, mencakup juga pengukuhan hukuman mati. Sudah menjadi tradisi di Mesir, bahwa penetapan Hari-Hari Besar Islam termasuk awal Ramadhan itu ditaati oleh seluruh rakyat.

Terpopuler