Kesalahan Ini Kerap Dilakukan Ketika Berpuasa (2-Habis)

Rep: Mutia Ramadhani/ Red: Ani Nursalikah

Kamis 18 Jun 2015 10:06 WIB

Tidur di Masjid Foto: Republika/Agung Supriyanto Tidur di Masjid

REPUBLIKA.CO.ID, DENPASAR -- Bulan Ramadhan adalah bulan untuk menggiatkan Muslim beribadah. Sungguh sangat disayangkan pada bulan yang mempunyai banyak keutamaan ini sebagian orang yang berpuasa masih melakukan kesalahan-kesalahan kecil yang mungkin mereka lupakan.

Berikut beberapa kesalahan yang tidak jarang dijumpai di tengah masyarakat ketika menjalankan ibadah puasa, dilansir dari the Muslim Times, Kamis (18/6).

6. Sebagian orang berpikir Ramadhan itu hanya berpuasa dan menahan lapar dan tidak ada hubungannya dengan emosi serta perilaku. Ketika berpuasa kita seharusnya belajar lebih dewasa dalam mengontrol emosi.

7. Sebagian orang tidak bisa i'tikaf ke masjid. Padahal, banyak keuntungan yang bisa dipetik dari i'tikaf ke masjid, khususnya 10 malam terakhir.

8. Banyak orang yang menghabiskan waktu puasa dengan tidur. Ingat, puasa tidak mengajarkan kita untuk bermalas-malasan.

9. Banyak yang percaya melakukan hubungan seksual dengan suami atau istri selama Ramadhan tidak dibolehkan. Ini salah, anda hanya tidak boleh melakukannya ketika waktu berpuasa. Antara maghrib hingga subuh Anda boleh melakukannya.

10. Banyak oang membuat kesalahan dengan menghabiskan bagian akhir Ramadhan untuk mempersiapkan Hari Raya, seperti kue, baju baru, cat rumah baru, dan akhirnya jatuh kelelahan serta lupa beribadah. Mutia Ramadhani