Kesalahan Ini Kerap Dilakukan Ketika Berpuasa (1)

Rep: Mutia Ramadhani/ Red: Ani Nursalikah

Kamis 18 Jun 2015 10:05 WIB

Anak-anak berlatih puasa dan berbuka bersama (Ilustrasi) Foto: AMIN MADANI/REPUBLIKA Anak-anak berlatih puasa dan berbuka bersama (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, DENPASAR -- Bulan Ramadhan adalah bulan untuk menggiatkan Muslim beribadah. Sungguh sangat disayangkan pada bulan yang mempunyai banyak keutamaan ini sebagian orang yang berpuasa masih melakukan kesalahan-kesalahan kecil yang mungkin mereka lupakan.

Berikut beberapa kesalahan yang tidak jarang dijumpai di tengah masyarakat ketika menjalankan ibadah puasa, dilansir dari the Muslim Times, Kamis (18/6).

1. Makan sahur terlampau banyak hanya karena khawatir tidak akan kuat menahan lapar di siang hari. Akibatnya, pengeluaran untuk membeli makanan selama berpuasa justru lebih banyak dibanding hari biasa. Puasa mengajarkan kita kesederhanaan dan menghindarkan kita dari gaya hidup berlebihan atau mubadzir.

2. Makan sahur setelah shalat tarawih dan tidur hingga imsak. Makan sahur sebaiknya dilakukan mendekati waktu imsak, ini sunah.

3. Lupa membaca niat akan berpuasa. Ada orang yang hanya rajin membaca niat akan berpuasa beberapa hari pertama saja, selanjutnya lupa. Ini adalah konsep yang salah. Niat berpuasa harus dibaca setiap hari saat kita akan berpuasa.

4. Banyak orang yang tak memetik pahala hanya karena lupa membaca doa ketika akan berbuka puasa.

5. Orangtua yang membiarkan anak-anaknya yang sudah baligh tidak berpuasa pada bulan Ramadhan. Ini adalah hal yang kontraproduktif untuk anak. Dengan mengajak mereka berpuasa, ini akan menumbuhkan jiwa sosial dalam dirinya.