Tips Sehat Puasa Ramadhan

Rep: C38/ Red: Ilham

Kamis 18 Jun 2015 09:48 WIB

Anak Berpuasa Foto: Republika/Yasin Habibi Anak Berpuasa

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ramadhan telah tiba. Selain menata mental spiritual, kesehatan juga harus kita perhatikan. Direktur Halimun Medical Center, dr. Briliantono M. Soenarwo menyampaikan beberapa tips sehat melaksanakan puasa Ramadhan.

Pertama, atur kegiatan yang tidak terlalu menguras tenaga secara berlebihan. Kedua, habiskan makanan sahur dan jangan menunda-nunda berbuka puasa. Berbukalah sekadarnya saja, jangan terlampau kenyang. Sangat dianjurkan berbuka dengan yang manis, seperti kurma dan buah-buahan lainnya.

Ketiga, perbanyak minum air putih di malam hari. Keempat, jangan terlalu banyak makan pedas, asam, atau makanan berlemak tinggi. Kurangi minum teh atau kopi dan usahakan tidak merokok.

Kelima, makanlah makanan yang mengandung banyak serat dan sebaiknya setiap hari makan buah-buahan.

Keenam, apabila ingin berolahraga sekadar untuk menggerakkan tubuh, sebaiknya dilakukan di sore hari, menjelang berbuka. Untuk olahraga yang lebih ringan bisa dilakukan di pagi hari.

Yang tidak kalah penting, laksanakan ibadah puasa Ramadhan dengan ikhlas dan penuh sukacita agar setiap aktivitas kita terasa ringan. Anggaplah Ramadhan kali ini sebagai Ramadhan terakhir kita sehingga kita berusaha maksimal menjalaninya.