Din: Manfaatkan Bulan Ramadhan dengan Sebaik-baiknya

Rep: C83/ Red: Ani Nursalikah

Kamis 18 Jun 2015 07:06 WIB

Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI), Din Syamsuddin Foto: ROL/Fian Firatmaja Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI), Din Syamsuddin

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) sekaligus Muhammadiyah Din Syamsuddin berharap agar umat Islam mampu memanfaatkan bulan Ramadhan dengan sebaik-baiknya.

Menurutnya, bulan suci Ramadhan jangan hanya dianggap sebagai rutinitas saja yang disambut dan dilepas setiap tahunnya tanpa merasakan manfaat apapun.

"Manfaatkanlah. Jangan biarkan berlalu begitu saja. Jadi jangan terjebak ke dalam rutinitas belaka. Sebagai tamu tahunan lalu kita terima dan lepas begitu saja," ujar Din kepada Republika, Rabu (17/6).

Agar Ramadhan tidak hanya menjadi rutinitas belaka, maka umat islam harus memiliki niat dan tekad yang kuat untuk meningkatkan kualitas maupun kuantitas peribadatan. Ia menjelaskan, orientasi utama di bulan suci yakni penyucian jiwa atas apa yang telah dilakukan selama setahun yang lalu. Selain itu, Ramadhan juga harus menjadi sarana untuk meningkatkan iman dan takwa.

Dengan bersungguh-sungguh mengisi Ramadhan, maka di akhir Ramadhan umat islam akan tampil sebagai jiwa dan pribadi yang lebih baik serta dengan keimanan yang semakin meningkat.

Terpopuler