Aher Minta Warga Bandung Perbanyak Ibadah, Bukan Konsumsi

Rep: Friska Yolandha / Red: Ilham

Rabu 17 Jun 2015 20:24 WIB

Gubernur Jawa Barat, Ahmad Heryawan Foto: ROL/Fian Firatmaja Gubernur Jawa Barat, Ahmad Heryawan

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Malam pertama Ramadhan, Gubernur Ahmad Heryawan mengisi tausiyah di Masjid Pusat Dakwah Islam (Pus Dai). Heryawan mengimbau warga Bandung untuk memanfaatkan bulan Ramadhan sebagai bulan ibadah.

"Mari kita tingkatkan amal ibadah kita di bulan Ramadhan ini," kata Aher sapaan Heryawan di Bandung, Rabu (17/6).

Dalam tausiyahnya Heryawan mengatakan, bulan Ramadhan adalah bulan yang dianugerahkan kepada umat manusia yang harus dimanfaatkan sebaik-baiknya. Oleh karena itu, warga diminta memperbanyak ibadah, bukan konsumsi.

Karena selain tanda non fisik, orang yang berpuasa juga memiliki tanda fisik berpuasa. Salah satunya adalah konsumsi makanan yang lebih sedikit dibandingkan bulan-bulan sebelumnya. "Yang meningkat itu iman dan takwa, bukan konsumsi," ujarnya.

Kalaupun ingin meningkatkan anggaran, lanjut Heryawan, tingkatkanlah anggaran infak, bukan konsumsi. Karena selain bulan ibadah, Ramadhan juga merupakan bulan memperbanyak sedekah.

Ramadhan juga merupakan bulan yang menguatkan. Meskipun berpuasa, seseorang tidak akan menjadi sakit. "Rasulullah berkata orang yang berpuasa dijamin tidak akan sakit," kata Heryawan.

Terpopuler