Bandara Solo Siapkan Penerbangan Tambahan Sambut Pemudik

Red: Citra Listya Rini

Rabu 17 Jun 2015 08:44 WIB

Bandara di Solo, Adi Soemarmo. Foto: Skycrapper Bandara di Solo, Adi Soemarmo.

REPUBLIKA.CO.ID, SOLO  --   PT Angkasa Pura I (Persero) Bandara Adi Soemarmo telah menyiapkan pengamanan dan menambah jumlah penerbangan dalam rangka menyambut pemudik di Surakarta, Jawa Tengah, menjelang Lebaran.

General Manager PT. Angkasa Pura I (Persero) Bandara Adi Soemarmo, Abdullah Usman di Solo, Selasa, menjelaskan pihaknya sudah melakukan persiapan baik segi keamanan maupun menambah satu penerbangan tambahan di setiap maskapai penerbangan reguler.

Abdullah Usman mengatakan untuk menyambut arus mudik tahun 2015 telah didirikan posko pengamanan yang melibatkan aparat keamanan dari anggota TNI AU di Bandara di Soemarmo. Posko tersebut mulai dibuka pada H-7 Lebaran hingga H+7 Lebaran.

"Posko pengamanan akan melibatkan antara lain satu peleton anggota TNI AU, tim medis, Dinas Perhubungan dan petugas karantina," kata Abdullah Usman.

Selain itu, untuk menjaga keamanan di kawasan parkir akan dilakukan pengamanan khusus lebih dari hari-hari biasa.

"Kami secara rutinitas juga mengantisipasi menjaga kebersihan jalur landing pesawat atau runway. Karena menjelang Lebaran jumlah penerbangan akan lebih padat dibanding hari biasa," katanya.

Abdullah Usman menjelaskan jumlah penumpang di Bandara Adi Soemarmo saat ini rata-rata mencapai 2.100 orang perhari dari 25 penerbangan per hari. Penumpang menjelang Lebaran diperkirakan akan mengalami kenaikan sekitar 300 hingga 400 orang perhari.

"Bandara Adi Soemarmo sekitar 80 persen jurusan Solo-Jakarta. Maskapai penerbangan antara lain Garuda Indonesia, Sriwijaya Air, Lion Air, Batik Air, Citilink, Nam Air, Trigana Air, Wings Air dan Air Asia," paparnya.

Menurut dia, penerbangan di bandara tersebut biasanya pada minggu pertama jumlah penumpang dari Jakarta masih seperti biasa dan baru ada peningkatan pada minggu kedua.

Sementara penambahan satu penerbangan ekstra baru akan dilakukan pada minggu ketiga bulan Ramadhan di setiap maskapai penerbangan. "Penambahan satu ekstra flight itu, pada H-7 Lebaran untuk jurusan Jakarta-Solo arus mudik. Dan satu ekstra flight juga dilakukan maskapai penerbangan Air Asia Jurusan Solo-Singapura," katanya.

Terpopuler