Polda Kepri Giatkan Patroli Malam Selama Ramadhan

Red: Ani Nursalikah

Selasa 16 Jun 2015 12:35 WIB

Batam. Ilustrasi Foto: humasbatam.com Batam. Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, BATAM -- Kepolisian Daerah Kepulauan Riau beserta jajaran akan menggiatkan patroli malam selama Ramadhan 1436 Hijriah untuk memberikan rasa aman dan nyaman bagi masyarakat, khususnya umat Islam dalam menjalankan ibadah.

"Intensitas patroli akan ditingkatkan pada malam hari mulai saat berbuka hingga setelah sahur. Kapolda sudah mengintruksikan kepada para kapolres agar meneruskannya hingga jajaran polsek di wilayah masing-masing," kata Kabid Humas Polda Kepulauan Riau (Kepri), AKBP Hartono di Batam, Selasa (16/6).

Ia mengatakan, patroli akan dilakukan di seluruh wilayah termasuk pusat-pusat peribadatan, permukiman, jalan-jalan utama sehingga masyarakat merasa aman selama menjalankan ibadah Ramadhan.

"Saat sesudah berbuka biasanya banyak warga pergi ke masjid untuk shalat. Jadi kami juga mengimbau agar benar-benar memastikan pintu dikunci jika rumah dalam kondisi kosong agar tidak menjadi sasaran tindak kejahatan," kata dia.

Polisi juga mengimbau masyarakat agar berperan serta menjaga keamanan khususnya di lingkungan masing-masing.

"Kami tidak mungkin mampu memastikan tidak ada tindak pidana jika tanpa bantuan masyarakat. Jika umat Muslim tengah beribadah, umat lain bisa membantu mengawasi lingkungan sekitar. Jadi saling membantu," kata Hartono.

Tidak dipungkiri, saat banyak rumah-rumah kosong yang ditinggal pemiliknya beribadah ke masjid akan menjadi sasaran tindak pidana pencurian.

"Hal tersebut bisa diminimalkan dengan peran serta seluruh masyarakat khususnya yang tidak menjalankan ibadah untuk membantu mengawasinya. Ciptakanlah keamanan di lingkungan masing-masing," kata dia.

Terpopuler