Pesan Menag Jelang Ramadhan

Red: Agung Sasongko

Senin 15 Jun 2015 23:59 WIB

Menag Lukman Hakim Saifuddin. Foto: Republika/Agung Supriyanto Menag Lukman Hakim Saifuddin.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin meminta setiap pihak untuk berperan serta dalam menjaga kesucian bulan Ramadhan yang segera berlangsung mulai tengah pekan ini. "Semuanya kita harapkan bisa menjaga kesucian bulan Ramadhan," kata Menag Lukman seusai menghadiri acara deklarasi Kementerian Agama Berintegritas di Jakarta, Senin (15/6).

Ia mengatakan, agar masyarakat menjaga niat, ucapan dan tindakan sehingga kekhidmatan bulan puasa dapat terlaksana, sehingga ibadah menjadi khusyuk. "Jaga niat, tindakan dan ucapan kita para pengelola rumah makan, media, pemilik tempat hiburan dan pengelola media sosial (agar tidak provokatif)," katanya.

Secara umum, Lukman berpesan kepada umat Muslim agar bisa menjaga diri saat bulan Ramadhan berlangsung. "Pesan kepada umat Islam, sebgaimana ini bulan suci jadi semoga kita bisa menjaga diri buat kita," katanya.

Sementara itu terkait rumah makan yang tetap buka saat puasa, Menag mengatakan pihaknya tidak pernah mengeluarkan surat edaran terkait himbauan agar tutup saat Ramadhan. Menag mengatakan pihaknya percaya dengan kedewasaan masyarakat untuk saling menghormati di bulan puasa, yaitu antara mereka yang berpuasa dan tidak berpuasa.

"Edaran tertulis, apalagi instruksi tidak pernah. Ini hanya himbauan kepada kita semua kita saling menghormati. Intinya itu saja dan saya percaya masyarakat penuh kedewasaan kita sudah semakin membaik," kata dia.

Terpopuler