Bulan Ramadhan Tiba, Warga Malang Nikmati Alun-Alun Baru

Rep: c74/ Red: Agung Sasongko

Ahad 14 Jun 2015 18:15 WIB

Kota Malang Di Malam Hari Foto: indonesia.travel Kota Malang Di Malam Hari

REPUBLIKA.CO.ID, MALANG -- Alun-alun Merdeka Kota Malang, Jawa Timur, siap diresmikan awal Ramadhan, Rabu (17/6). Alun-alun Merdeka sengaja diresmikan dengan pelaksanaan salat Tarawih pertama di Masjid Jami' yang berada di depannya.

Mengenai jadwal peresmian Alun-alun Merdeka, Kepala DKP Kota Malang, Erik S Santoso enggan menyebutkan. Menurutnya, yang menentukan jadwal peresmian Alun-alun Merdeka Wali Kota Malang, M Anton. "Terserah Wali Kota mau diresmikan kapan. Kami tinggal menunggu perintah. Kami sudah siap membuka lagi Alun-alun Merdeka," ujar Erik, Ahad (14/6).

Saat ini DKP masih memasang daya listrik khusus untuk mengoperasikan air mancur yang bisa menari. DKP juga akan menambah beberapa lampu di sekeliling air mancur. "Sekarang masih pembersihan dan penataan rumput di alun-alun," kata Erik.

Wali Kota Malang, M Anton mengatakan Alun-Alun Merdeka sudah siap dibuka. Dengan demikian, para jamaah salat tarawih bisa langsung menikmati hasil revitalisasi Alun-alun Merdeka.

Petugas Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) Kota Malang terus melakukan persiapan peresmian Alun-alun Merdeka. Petugas kebersihan terlihat merapikan rumput dan menyiram tanaman yang ada di Alun-alun Merdeka.

DKP juga baru saja menambah 40 unit kursi duduk panjang di kawasan Alun-alun Merdeka. Kursi-kursi itu ditata di empat pintu masuk alun-alun. Tempat sampah juga terlihat sudah dipasang di tiap sudut alun-alun. Areal untuk olah raga skateboard dan permainan untuk anak-anak juga sudah siap.

Hanya saja untuk air mancur yang bisa menari sampai sekarang belum bisa difungsikan. Persoalannya, daya listrik di alun-alun masih belum kuat untuk mengoperasikan air mancur yang bisa menari. Hanya air mancur biasa yang sudah bisa difungsikan.

Pemkot Malang menggandeng BRI untuk melakukan revitalisasi Alun-alun Merdeka. Anggaran revitalisasi Alun-alun Merdeka Rp 5,9 miliar yang merupakan CSR dari BRI. Pembangunan Alun-alun Merdeka dimulai Januari 2015 dan ditargetkan selesai Mei 2015.

Dalam revitalisasi itu, Pemkot Malang hampir membongkar total desain alun-alun lama dan diganti dengan desain baru. Pemkot Malang juga mengganti air mancur di Alun-alun Merdeka. Air mancur yang sekarang ini dipesan khusus dari Singapura. Air mancur itu bisa menari sendiri. Selain itu, Pemkot Malang juga menambah fasilitas bermain di Alun-alun Merdeka.

Terpopuler