Astaga! Siswa SD di Inggris Dilarang Berpuasa oleh Pihak Sekolah

Rep: C83/ Red: Winda Destiana Putri

Ahad 14 Jun 2015 08:21 WIB

Barclay Primary School di London yang melarang siswanya berpuasa. Foto: BBC Barclay Primary School di London yang melarang siswanya berpuasa.

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Sekolah dasar Barclay di London telah melarang siswanya untuk berpuasa di bulan Ramadhan mendatang. Pihak sekolah mengatakan, peraturan tersebut dikeluarkan untuk menjaga kesehatan anak-anak.

"Kami telah mencari informasi bahwa dalam hukum Islam, anak-anak tidak diwajibkan untuk berpuasa selama bulan Ramadhan, ibadah puasa menjadi wajib ketika mereka menjadi dewasa," ujar perwakilan sekolah seperti dilansir dhakatribune Ahad (14/6).

Dalam surat pemberitahuan yang diberikan kepada orang tua disebutkan bahwa sekolah telah memiliki banyak kasus dimana banyak siswa yang jatuh sakit karena mencoba untuk berpuasa. Untuk itu, aturan tersebut dikeluarkan untuk menghindari kasus serupa. Pihak sekolah menyarankan siswa Muslim untuk berpuasa di akhir pekan.

Pihak sekolah menjelaskan, akan ada berbagai kegiatan yang akan dilakukan di sekolah untuk merayakan Ramadhan. Selain itu, sekolah juga akan mengadakan diskusi dengan siswa lain untuk mengajarkan mereka bahwa Ramadhan merupakan bulan suci bagi umat Islam. 

Keputusan pihak sekolah yang melarang siswa Muslimnya untuk menjalankan ibadah puasa ini menuai kritikan di media sosial dan komunitas Muslim lokal. Seorang juru bicara dari Asosiasi Muslim Inggris mengatakan keputusan akhir apakah anak-anak dapat menjalankan puasa atau tidak berada pada orang tua.

"Kami percaya bahwa ada aturan yang cukup ketat dalam Islam, yang memungkinkan mereka yang tidak mampu berpuasa, untuk berbuka puasa," katanya.

Terpopuler