Bagaimana Cara Menyambut Bulan Ramadhan? (2)

Red: Ani Nursalikah

Ahad 14 Jun 2015 07:37 WIB

Ucapan selamat berpuasa Ramadhan Foto: blogspot.com Ucapan selamat berpuasa Ramadhan

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Bulan Ramadhan segera tiba.  Di bulan suci ini, pintu maaf dibuka selebar-lebarnya. Kita sebagai umat Muslim harus bisa memanfaatkannya.

Ada lima hal yang setidaknya bisa kita lakukan untuk menyambut bulan Ramadhan, seperti dilansir laman On Islam.

Cara menyambut bulan Ramadhan (1)

3. Perencanaan dan keteguhan

Kita juga harus membuat perencanaan yang baik selama bulan Ramadhan untuk mengatur aktivitas pada siang dan malam hari. Kalau bisa, buatlah jadwal rutin selain shalat lima waktu seperti membaca Alquran.  

Niat serta tekad untuk menjalani bulan Ramadhan tak kalah pentingnya. Kita harus punya komitmen bahwa tidak akan melakukan dosa atau sesuatu yang salah seperti selama ini.  Bertaubat kemudian meminta maaf kepada orang-orang yang mungkin telah tersinggung dengan perbuatan atau perkataan kita.

4. Pelajari aturan puasa

Sangat penting untuk mengetahui hal-hal apa saja yang bisa merusak atau membatalkan puasa. Pelajari cara Nabi Muhammad dalam berpuasa. Puasa bukan sekadar menahan makan dan minum, tapi juga tidak berbicara buruk dan melakukan perbuatan dosa.

Nabi Muhammad bersabda:

“Barangsiapa tidak meninggalkan ucapan dusta dan perbuatan dusta, niscaya Allah tidak memerlukan usaha dirinya dalam meninggalkan makanan dan minumannya (shaum).” (HR. Bukhari no. 1903)

5. Jadilah dermawan

Bulan Ramadhan adalah bulan penuh kebaikan. Berusahalah untuk lebih bermurah hati dengan membantu orang-orang yang membutuhkan. Bersedekah dan beramal membantu orang lain sebisa kita.

"Nabi Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam adalah manusia yang paling dermawan, dan kedermawanannya semakin menjadi-jadi saat Ramadhan apalagi ketika Jibril menemuinya. Dan, Jibril menemuinya setiap malam bulan Ramadhan dia bertadarus Al Quran bersamanya. Maka, Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam benar-benar sangat dermawan dengan kebaikan melebihi angin yang berhembus." (HR. Bukhari No. 3220)

Terpopuler