50 Hafidz akan Bacakan 1 Juz Alquran Setiap Tarawih

Rep: Debbie Sutrisno/ Red: Indah Wulandari

Sabtu 13 Jun 2015 07:04 WIB

Membaca Alquran.   (ilustrasi) Foto: Republika/Tahta Aidilla Membaca Alquran. (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, MAKASSAR -- Yayasan One Masjid One Hafidz akan menyebar 50 hafidz mereka ke 50 masjid di kota Makassar. Kegiatan ini diperuntukan dalam rangka menyambut bulan suci Ramadhan.

Direktur Yayasan Satu Masjid Satu Hafidz, Abu Thoriq mengatakan, para hafidz yang disebar ini nantinya akan berada di masjid yang sudah disiapkan. Mereka akan menjadi imam dalam shalat lima waktu serta shalat tarawih.

Para hafidz ini akan membacakan satu juz setiap kali tarawih. Sehingga sampai bulan Ramadhan selesai, para hafidz dan juga makmum yang datang bisa sama-sama menyelesaikan Alquran dalam satu bulan.

"Bulan Ramadhan ini bulan penuh berkah. Sudah saatnya satu malam ini satu juzz agar membaca Al-quran bisa selesai dalam bulan suci in. Harapannya bukan hanya hafidz yang tamat Al-quran tapi juga makmumnya," ujar Abu, Sabtu (12/6).

Masjid yang akan menyelenggarakan pembacaan satu juz setiap shalat tarawih ini, antara lain  Masjid Agung Makassar dan Masjid Al-Markaz. Sisanya akan ditempatkan di masjid dengan beberapa titik di kota Makassar.

Abu juga menuturkan, program seperti ini sebenarnya bukan untuk pertama kali. Tahun lalu, para hafidz sudah pernah melakukan kegiatan serupa. Namun, tahun ini hafidz dari 20 pondok pesantren ini disatukan berkat keinginan pemerintah kota.

Wali Kota Makassar Mohammad Ramdhan Pomanto sangat menyambut baik kegiatan ini. Menurut dia, penyebaran hafidz ke masjid turut memakmurkan masjid dan menyebarkan amal kepada masyarakat yang menjalankan ibadah Ramadhan.

Selain itu, keberadaan hafidz juga diharap mampu menyampaikan berbagai program pemerintah kepada masyarakat melalui ceramah di masjid. Seperti program kebersihan, sopan santun, dan berbagai program lainnya.

"Saya berharap hafidz juga bisa menjelaskan tentang program pemerintah yang sejalan dengan pemahaman dalam Alquran seperti menjaga kebersihan," ungkap Ramdhan.

Dia juga berharap program hafidz ini bisa terus berkembang agar tahun demi tahun jumlah hafidz di kota Makassar bisa lebih banyak. Kali ini pemerintah kota akan membantu keuangan hafidz sebesar Rp 1,5 juta.

Terpopuler