Tradisi Mandikan Anak Yatim jelang Ramadhan

Red: Didi Purwadi

Jumat 12 Jun 2015 13:33 WIB

Ribuan orang berkumpul untuk mengikuti tradisi Petang Megang di tepi Sungai Siak, Pekanbaru, Riau. Foto: Antara/FB Anggoro Ribuan orang berkumpul untuk mengikuti tradisi Petang Megang di tepi Sungai Siak, Pekanbaru, Riau.

REPUBLIKA.CO.ID, PEKANBARU -- Pemerintah Kota Pekanbaru mengungkapkan akan menggelar acara Petang Megang pada tanggal 17 Juni 2015. Sebuah agenda ritual perpisahan bulan Syakban dan menyambut datangnya Ramadhan 1436 H.

"Kami sudah menggelar rapat persiapan Petang Megang dan sejauh ini sudah 70 persen rampung," kata Ketua Panitia sekaligus Kadisbudsenipar Pekanbaru, Hermanius, seperti dikutip Antara.

Hermanius menuturkan, Petang Megang adalah agenda wisata religius yang digelar Pekanbaru tiap menyambut bulan Ramadhan. Pada acara ini akan ditampilkan budaya dan kearifan lokal Melayu Riau.

"Kami pertahankan event ini karena sudah turun-temurun dan mengedepankan kearifan lokal serta menggali budaya lama agar terpelihara," paparnya.

Menurut Hermanius, acara yang digelar di Kecamatan Senapelan, Kelurahan Bandar dan tepian Sungai Siak itu akan diramaikan ribuan masyarakat. "Kami mengundang seluruh masyarakat untuk datang menyaksikan," tuturnya.

Ia memaparkan agenda Petang Megang akan diawali dengan ziarah kubur ke taman pemakaman umum Senapelan. "Di sana ada tokoh pendidikan dan tokoh agama," urainya.

Selanjutnya ziarah pendiri Pekanbaru di Masjid Raya Pekanbaru, diikuti shalat berjamaah para pejabat dan Muspida. "Lalu menuju tepian sungai, ada arak-arakan menjunjung dulang yang diikuti 12 Kecamatan diiringi kompang," tambahnya.

Kemudian acara puncak akan dilakukan di tenda utama di tepian sungai Siak dengan kegiatan hiburan rakyat menangkap itik dan memandikan anak yatim.

"Kami berharap ini akan dikembangkan menjadi acara yang mengedepankan kearifan lokal dan memelihara budaya," tambahnya.

 

 

Terpopuler