Masjid Raya Sumbar Siap Sambut Ramadhan

Red: Didi Purwadi

Sabtu 13 Jun 2015 07:07 WIB

Ilustrasi Ramadhan Foto: REUTERS/MOHAMED AL-SAYAGHI Ilustrasi Ramadhan

REPUBLIKA.CO.ID, PADANG -- Masjid Raya Sumatera Barat (Sumbar) akan digunakan untuk shalat taraweh tahun ini, meskipun sebagian fisik masjid masih dalam tahap pengerjaan.

"Seperti tahun 2014, tahun ini Masjid Raya Sumbar juga akan digunakan untuk sholat taraweh satu bulan penuh," kata Kepala Biro Bina Sosial (Binsos) Sekretariat Daerah Provinsi Sumbar, Syahril, seperti dikutip dari Antara.

Menurutnya, masjid tersebut akan mampu menampung sekitar 5.000 orang jemaah dalam satu waktu.

"Kapasitas sebenarnya bisa menampung 20 ribu jamaah,'' katanya. ''Tetapi, karena belum selesai dikerjakan dan lantai yang digunakan untuk shalat hanya lantai satu, maka sementara hanya bisa menampung 5 ribu orang jamaah.''

Dia mengatakan Masjid Raya Sumbar terdiri dari lantai dasar, lantai satu dan lantai dua. "Lantai dasar digunakan untuk berbagai kegiatan, sementara lantai II masih dalam pengerjaan. Karena itu, hanya lantai satu yang digunakan untuk shalat taraweh," katanya.

Menurutnya, selain untuk shalat taraweh selama ramadhan, masjid tersebut sebelumnya juga telah digunakan untuk melaksanakan ibadah shalat Jumat dan shalat lima waktu. "Sholat Idul Fitri untuk Sumbar nanti juga akan dipusatkan di masjid ini," katanya.

Terpopuler