Tradisi 'Halloween' di Malam Pertengahan Ramadhan

Red: Didi Purwadi

Selasa 30 Jun 2015 03:13 WIB

Tradisi Garangaou Foto: www.youtube.com Tradisi Garangaou

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Qatar memiliki tradisi unik ketika Ramadhan memasuki pertengahan pada tanggal 13, 14 dan 15. Tradisi yang mirip 'Halloween' ini dikenal dengan nama Garangaou.

Seperti dirangkum dari wikipedia, garangaou merupakan pesta tradisi anak-anak Qatar setelah mereka berbuka puasa pada hari ke-14 Ramadhan.

Usai berbuka puasa, anak-anak Qatar akan keluar rumah dengan berdandan pakaian tradisional. Mereka bergabung dalam kelompok-kelompok kecil, lalu berkeliling sambil mendendangkan lagu garangaou.

Lalu, mereka akan mengetuk pintu rumah tetangga mereka dan meminta garangaou mereka dengan berkata halaawa yang artinya permen. Acara ini sepintas mirip dengan Trick or treat! pada perayaan Halloween

Tradisi ini telah ada sejak periode Abbasiyah. Kata 'Garangaou' berasal dari kata Teluk 'Gara' atau suara mengetuk bersama-sama di pintu gerbang.

Seperti dikutip dari Qatar Visitor, tradisi garangaou menggambarkan sukacita dan kegembiraan masa kanak-kanak dalam menyambut Ramadan. Karena alasan keamanan, pelaksanaannya kini harus dalam pengawasan orang dewasa.

Terpopuler