ASDP Merak Operasikan 30 Kapal Hadapi Arus Mudik

Red: Hazliansyah

Kamis 11 Jun 2015 01:48 WIB

Kapal Roro sedang mealkukan bongkar muatan kendaraan pada dermaga 1 di pelabuhan Merak, Banten, Jumat (29/5). Foto: Republika/ Tahta Aidilla Kapal Roro sedang mealkukan bongkar muatan kendaraan pada dermaga 1 di pelabuhan Merak, Banten, Jumat (29/5).

REPUBLIKA.CO.ID, MERAK -- PT Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan (ASDP) Indonesia Ferry (Persero) Cabang Utama Merak mengoperasikan sebanyak 30 kapal "Roll-on Roll-off" (Ro-Ro) untuk melayani arus mudik Lebaran 2015.

"Kami sudah siap melayani masyarakat dengan memprioritaskan keselamatan, keamanan dan tepat waktu kedatangan serta keberangkatan," kata Kepala Bagian Humas PT ASDP Indonesia Ferry Cabang Utama Merak, Mario Sardadi saat dihubungi di Merak, Rabu.

Pengoperasian kapal sebanyak 30 armada dapat melayani perjalanan penyeberangan Merak-Bakauheni, Lampung, hingga 100 trip per hari. Selain itu, bongkar muat di Pelabuhan Merak dipercepat dari 60 menit menjadi 30 menit.

"Kami tetap berkomitmen mengutamakan pelayanan terbaik bagi masyarakat yang menggunakan jasa angkutan penyeberangan dengan selamat sampai tujuan," ujarnya.

Menurut dia, pengoperasian 30 kapal Roro itu dapat mengatasi terjadi penumpukan penumpang di pelabuhan. Sebab diprediksi arus mudik Lebaran tahun ini terjadi kenaikan sekitar 6 persen.

Karena itu, pihaknya kini membenahi sarana dan prasarana pelabuhan juga kesiapan kapal yang dioperasikan. Selain itu juga menjalin koordinasi dengan instansi lainnya, baik instansi pemerintah pusat maupun instansi di daerah,termasuk cuaca BMKG.

"Kami berharap pelayanan arus mudik Lebaran 2015 lebih baik dari tahun sebelumnya," katanya.

Terpopuler