Ribuan Pelajar Kudus Gelar Kirab Ramadhan

Red: Agung Sasongko

Selasa 09 Jun 2015 10:25 WIB

Kirab Foto: Republika/Yasin Habibi Kirab

REPUBLIKA.CO.ID, KUDUS -- Sekitar 2.000 siswa di Kabupaten Kudus, Jawa Tengah, Selasa menggelar kirab menyambut bulan Ramadan 1436 Hijriah.

Sebelum kirab dimulai, ribuan siswa mulai dari kelompok bermain, TK, SD, SMP hingga SMK di bawah Jaringan Sekolah Islam Terpadu (JSIT) itu terlebih dahulu berkumpul di Alun-alun Kudus sejak pukul 07.00 WIB.

Para peserta mengusung spanduk maupun poster bertuliskan "Selamat Datang Ramadhan, Ramadhan yang Dirindukan Tiba Lagi, dan Selamat berpuasa". Selama satu jam lebih, peserta menikmati pentas seni dari masing-masing sekolah mulai dari bernyanyi, berpidato, menari, hingga tari saman dari Aceh.

Selanjutnya, ribuan siswa mulai melakukan kirab dengan rute dari Alun-alun Kudus menuju Jalan Sunan Muria untuk siswa TK dan KB, sedangkan siswa SD hingga SMK menuju Jalan Jenderal Sudirman dan menuju sekolahnya masing-masing.

Menurut Ketua Panitia Kirab Ramadhan Budi Harnoto, kegiatan ini bertujuan untuk menyambut datangnya bulan Ramadan.

"Selain untuk mengajak para siswa yang berasal dari sekolah yang berada di bawah JSIT agar menyambut bulan Puasa dengan bahagia, sekaligus untuk mengingat masyarakat agar mempersiapkan diri dengan baik menyambut bulan yang penuh berkah," ujarnya.

Ribuan siswa yang mengikuti kirab menyambut bulan Puasa, kata dia, berasal dari sembilan sekolah.

Ia berharap, para siswa nantinya juga menjalankan ibadah selama bulan puasa dengan khusuk dan lebih baik dari ibadah yang dilakukan sebelumnya.

Pengurus Sekolah JSIT Jateng Siti Faiza yang ikut hadir pada acara tersebut mengingatkan kepada para peserta kirab untuk memanfaatkan bulan penuh berkah dengan memperbanyak amal dan ibadah.

"Mari sambut bulan puasa dengan penuh suka cita," ujarnya.

Guru TKIT Umar Bin Khattab Lila Dewi Ayu mengungkapkan, siswa TKIT Umar yang ikut dalam kirab sebanyak 284 orang.

Bahkan, lanjut dia, siswa dari Taman KB juga ikut serta yang didampingi oleh orang tuanya.

Dengan adanya kirab menyambut puasa, dia berharap, para siswa mengetahui bahwa sebentar lagi memasuki bulan puasa.

"Mudah-mudahan mereka juga terdorong untuk belajar berpuasa," ujarnya.

Ahmad Faiz siswa TKIT Umar Bin Khattab mengakui, senang bisa ikut serta dalam kirab menyambut bulan Ramadhan. Zaidan, siswa SD IT Al Islam Kudus mengakui hal yang sama senang bisa ikut kirab menyambut puasa karena cukup meriah dan diikuti ribuan peserta.

Pada bulan puasa nanti, dia mengaku, sudah siap untuk menjalankan ibadah puasa karena bulan puasa sebelumnya juga berpuasa.

Terpopuler