Aplikasi Ketupat Ramadhan Temani Waktu Berpuasa

Red: Agung Sasongko

Selasa 09 Jun 2015 09:37 WIB

Ilustrasi Ramadhan Foto: AP Photo/Hatem Moussa Ilustrasi Ramadhan

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Aplikasi Ketupat Ramadhan yang ditawarkan oleh operator telekomunikasi Indosat dirancang khusus untuk menemani pelanggan pada waktu menjalankan ibadah puasa. "Ada beberapa aplikasi seperti permainan Tahan Godaan, Alarm Sahur serta Goyang Ramadhan khusus untuk bulan puasa," kata Division Head Youth Brand Indosat Devimaz Gusmal di Kantor Indosat, Jakarta, Senin Malam.

Ia mengatakan, permainan Tahan Godaan terdiri dari beberapa tantangan seperti menahan telur agar tidak jatuh dari tiang, tantangan untuk tidak gosip, tantangan untuk tidak menggerakkan gambar makanan dan tantangan untuk berpikir baik.

Sementara itu Alarm Sahur, adalah aplikasi yang digunakan untuk membangunkan orang sahur dengan suara selebriti. "Jadi pengguna bisa memilih suara laki-laki atau perempuan, yang laki-laki kita gunakan suara Al-Gazhali sementara suara perempuan akan menggunakan suara Raisa," kata dia.

Kedua aplikasi tersebut akan diluncurkan tiga hari sebelum Ramadhan. Kemudian aplikasi terakhir adalah Goyang Ramadhan, aplikasi ini mirip seperti FaceJJang dimana pengguna dapat membuat animasi dengan wajah sendiri yang melakukan goyangan lucu.

"Aplikasi ini di desain untuk ucapan Lebaran kepada teman-teman, lagu-lagunya pun bertemakan Hari Raya," kata dia.

Jika aplikasi yang lain diluncurkan sebelum Ramadhan, ?aplikasi Goyang Ramadhan diluncurkan pada pertengahan bulan puasa dan dapat diunduh secara gratis. Untuk mengembangkan aplikasi tersebut, Indosat menggandeng agensi dibidang tersebut dan memakan waktu kurang lebih tiga bulan.

Target dari aplikasi tersebut adalah pengguna telepon pintar berbasis Android, dengan adanya aplikasi ini akan meningkatkan penggunaan data pada pelanggan data Indosat.

Terpopuler