Buah Antidehidrasi yang Harus Dikonsumsi Saat Ramadhan

Rep: c 36/ Red: Indah Wulandari

Selasa 09 Jun 2015 06:17 WIB

 Pembeli memilah blewah di pasar Induk Kramat Jati, Jakarta Timur, Selasa (9/7).   (Republika/Rakhmawaty La'lang) Pembeli memilah blewah di pasar Induk Kramat Jati, Jakarta Timur, Selasa (9/7). (Republika/Rakhmawaty La'lang)

REPUBLIKA.CO.ID,Mengonsumsi dua hingga empat potong  buah segar setelah membatalkan puasa sangat disarankan untuk membantu memenuhi kebutuhan cairan selama menjalankan puasa Ramadhan. 

Berikut ini jenis buah kaya kandungan air yang mampu membantu mencukupi kebutuhan cairan anda selama berpuasa, lengkap dengan saran penyajian yang diperlukan, dilansir theecomuslim.com.

Anggur

Selain tinggi kandungan air, anggur juga mengandung resveratrol.  Zat ini merupakan antioksidan yang ramah untuk hati. Anggur juga banyak pilihan jenis, mulai dari anggur ungu, anggur merah, anggur hitam dan anggur hijau.

Alternatif penyajian: potong anggur menjadi salad buah atau makan langsung tanpa dipotong-potong. Memakan anggur dengan tambahan sepotong keju dan taburan kopi juga bisa dijadikan pilihan lain.

Air Kelapa

Kandungan air pada air kelapa mencapai 95 persen. Air kelapa juga mengandung sedikit natrium dan karbohidrat  yang relatif rendah.

Alternatif penyajian:  Diminum langsung selagi segar. Belilah kelapa di pedagang lokal dan hindari air kelapa yang dikemas dalam karton karena mengandung pengawet yang tinggi.

Blewah

Blewah memiliki kandungan air 89 persen. Blewah adalah buah yang sangat baik untuk mendorong produksi energi dan membantu kestabilan gula darah.

Alternatif Penyajian: Serut daging belewah dan campur dengan sorbet instan. Bisa juga belewah dipotong dadu sebagai campuran salad bersama semangka dan melon. 

Nanas

Buah yang mengandung banyak air ini mengandung bromelain dan zat anti-inflamasi yang tinggi. Bromelain efektif untuk menghindari penggumpalan darah. Sementara antiinflamasi mengurangi peradangan. 

Alternatif penyajian: Goreng nanas (tanpa kulit) dan campurkan dengan yoghurt atau eskrim. Buat sate buah menggunakan nanas, stroberi, anggur dan melon.

Mangga

Mangga mengandung kalori yang cukup tinggi, yakni 135 kalori. Selain itu, mangga juga mengandung vitamin A, C dan B6.

Terpopuler