Tips Meningkatkan Spiritualitas Ala Syeikh Kutty

Rep: c24/ Red: Indah Wulandari

Selasa 09 Jun 2015 05:17 WIB

Ilustrasi Ramadhan Foto: Reuters/Abed Omar Qusini Ilustrasi Ramadhan

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Setiap Muslim hendaknya mempersiapkan diri untuk menyambut bulan suci Ramadhan, dengan memperkokoh spiritualitas.

Ramadhan adalah sebuah peristiwa yang terjadi dalam kehidupan umat beriman, sebagai individu dan sebagai umat, setahun sekali. Hal ini dimaksudkan oleh Allah untuk membantu kita untuk memperkuat spiritualitas dan dengan demikian mempersiapkan kita untuk misi besar mewujudkan kehendak-Nya di bumi,"ujar cendekiawan di Institut Islam Toronto, Ontario, Kanada Sheikh Ahmad Kutty dilansir dalam laman berita onislam.net, Senin (8/6).

Oleh karena itu, dalam rangka untuk mendapatkan keutamaan bulan Ramadhan, setiap Muslim mempersiapkannya dengan membuka hati dan pikiran. Berikut beberapa tips yang disampaikan oleh Kutty:

1. Kita harus memberdayakan diri dengan belajar sebanyak-banyaknya, sehingga dapat mengetahui tentang hukum yang tepat serta manfaat puasa.

2. Kita harus memastikan bahwa kita mendapatkan manfaat yang benar dari puasa kita, marilah kita pastikan untuk mewujudkan semangat puasa dengan ketat menahan pikiran, hati serta mata, telinga, tangan, lidah, dan sebagainya.

3. Kita harus merangkul semangat puasa agar menjadi amal dan kasih saying pada sesama makhluk.

4. Kita harus memperkuat hubungan kita dengan Alquran.

5. Kita harus  memperbanyak dzikir.

6. Kita harus membangun masyarakat kita melalui tindakan amal dan kasih sayang dan memperluas bantuan kepada mereka yang membutuhkan, sebanyak yang kita bisa.