Ratusan Pedagang Kue Siap Ramaikan 'Pasar Wadai' Sampit

Red: Didi Purwadi

Senin 08 Jun 2015 17:30 WIB

Pasar kuliner (ilustrasi) Foto: Antara/Lucky.R Pasar kuliner (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, SAMPIT -- Sebanyak 110 pedagang kue dan aneka makanan berbuka puasa siap meramaikan Pasar Ramadhan di Sampit Kabupaten Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah, yang akan kembali digelar saat bulan suci Ramadhan 2015.

"Kami sudah bahas dalam rapat. Sekitar 110 pedagang kue akan berpartisipasi di Pasar Ramadhan," kata Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan dan Pengelola Pasar, Mudjiono di Sampit, Senin.

Pasar Ramadhan tahun ini diketuai Camat Mentawa Baru Ketapang, Ahmad Sarwo Oboi. Berbagai persiapan sudah dilakukan agar pasar tahunan yang juga dijadikan event wisata kuliner ini berjalan lancar.

Lokasi Pasar Ramadhan tahun ini masih di kawasan Taman Kota Sampit. Namun kali ini dipusatkan di bangunan baru pusat pertokoan eks bioskop Mentaya, atau di seberang jalan lokasi Pasar Ramadhan tahun lalu.

Pasar Ramadhan merupakan agenda tahunan setiap tibanya bulan suci Ramadhan. Pasar khusus penjual kue dan makanan ini selalu diminati masyarakat karena sangat membantu bagi umat Islam yang hendak mempersiapkan makanan berbuka puasa.

Kini Pasar Ramadhan juga merupakan bagian promosi wisata daerah, yaitu wisata kuliner. Berbagai jenis kue dan masakan khas daerah ini biasanya banyak dijual pedagang, bahkan sebagian kue dan masakan hanya banyak dijual saat bulan suci.

Pembelinya pun tidak hanya umat Islam, tetapi juga warga nonmuslim yang ingin berburu berbagai kuliner tradisional yang dijual pedagang di pasar tersebut.Makanya, tidak heran jika Pasar Ramadhan atau juga disebut dengan Pasar Wadai (kue) ini setiap hari selalu dipadati konsumen, terutama masyarakat muslim yang mencari bahan berbuka puasa.

Terpopuler