Tips Puasa Bugar Ala Dokter Gigi Sarah Gadrie

Rep: c73/ Red: Didi Purwadi

Senin 08 Jun 2015 14:45 WIB

Sarah Gadrie Foto: Twitter Sarah Gadrie

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- MC yang juga dokter gigi pada klinik I-Dental Care Radio Dalam, Sarah Gadrie, memiliki pengalaman menarik berpuasa ketika masih duduk di bangku SD. Ibu dari Sarah mendidik agar Sarah berpuasa full hingga magrib.

Sementara pernah suatu hari saat berpuasa ramadhan, Sarah kecil merasa sangat haus. Dan karena saking takutnya ke dapur, ia nekat meminum air bak untuk menghilangkan rasa hausnya. Akan tetapi, pengalaman itu hanya dialami saat Sarah masih kecil. Kini, agar tubuhnya tetap fit selama berpuasa, Sarah memiliki beberapa tips saat ramadhan.

Biasanya, saat sahur makan menjadi lebih sedikit. Padahal, tutur Sarah, sahur merupakan waktu yang paling penting untuk bekal sehari agar tubuh tidak lemas.

“Kita harus memaksimalkan waktu sahur. Karena jika gak benar, tubuh akan mudah lemas sebelum berbuka,” tutur Sarah saat ditemui usia menjadi MC dalam acara Ramadhan Total Plus Tempo Scan di Jakarta.

Ketika sahur, Sarah selalu memastikan agar ia mengonsumsi makanan yang bergizi seimbang. Akan tetapi, umumnya kendala saat sahur ialah mudah kenyang. Untuk mensiasatinya, ia kerap bangun lebih awal yaitu sekitar pukul 02.30. Sehingga, ia bisa menyicil makanan saat sahur atau menyempatkan waktu untuk shalat malam.

“saya bangun lebih awal supaya tercukupinya gizi selama sehari,” ujar Sarah.

Selain itu, biasanya hari kelima puasa kulit mulai tampak kering. Karena itu, Sarah memastikan untuk mengonsumsi multivitamin minimal vitamin C saat sahur. Multivitamin ini, menurutnya, penting untuk diselipkan usai makan sahur agar tubuh tidak lemas dan konsentrasi saat berkegiatan.

Terpopuler