Tips Puasa Ala Aher

Red: Didi Purwadi

Senin 08 Jun 2015 14:33 WIB

Ahmad Heryawan Foto: Republika/Edi Yusuf Ahmad Heryawan

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Gubernur Jawa Barat, Ahmad Heryawan, memberikan tips bagi yang akan menjalankan ibadah puasa Ramadham. Gubernur yang biasa akrab disapa Aher ini menyarankan masyarakat harus tetap menjaga pola konsumsi jelang pelaksanaan puasa Bulan Suci Ramadhan tahun ini.

"Kepada masyarakat, jangan ada perubahan perilaku konsumsi yang berlebihan di bulan Puasa ini," kata Aher usai melakukan sidak kebutuhan pokok di Pasar Sederhana, Bandung, Senin.

Jika pola konsumsi masyarakat di bulan Ramadhan semakin berlebih, kata Aher, dikhawatirkan akan berpengaruh pada persediaan dan harga bahan pangan.

"Biasanya gejolak ada pada gula merah untuk kolak,'' kata Aher. ''Boleh, tapi jangan berlebihan.''

Sementara, dari hasil sidak, stok pangan terpantau masih mencukupi hingga lima bulan kedepan. Harga beras terendah di harga Rp 9.000 per kilogram, sedangkan harga beras tertinggi sekitar Rp 13.000 per kilogram.

Harga telur ayam masih pada kisaran normal, yaitu Rp 21.000 per kilogram. Kenaikan harga ada pada daging ayam, bawang merah, bawang putih dan minyak goreng curah, namun kenaikan harga tersebut masih dikategorikan normal.

 

Terpopuler