Membuat Kudapan Berbuka Bersama Anak, Stroberi Cokelat Kacang

Red: Indira Rezkisari

Senin 08 Jun 2015 12:05 WIB

Stroberi cokelat bertabur kacang. Foto: Republika/Indira Rezkisari Stroberi cokelat bertabur kacang.

REPUBLIKA.CO.ID, Mengajak anak membuat menu berbuka puasa adalah aktivitas menarik yang bisa dilakukan bersama sebelum berbuka. Menu yang satu ini bisa jadi pilihan kudapan saat berbuka. Membuatnya pun mudah, menjadikannya tepat sebagai kudapan yang bisa diracik bersama anak.

Stroberi yang dibalut cokelat dan ditaburi kacang ini adalah kreasi pastry chef Adinda Triandhina. Lulusan sekolah kuliner Le Cordin Bleu Sydney ini mengatakan tips membuatnya adalah memastikan stroberi dicuci bersih dan dilap dengan handuk dapur hingga kering.

"Untuk membuat cokelat leleh, paling mudah menggunakan microwave, itu trik yang tidak mungkin gagal," katanya, di sela-sela peluncuran IKEA Metod, di IKEA Alam Sutera, beberapa waktu lalu.

Bila tidak memiliki microwave, cokelat bisa dilelehkan dengan metode Bain Marie. Atau melelehkan cokelat secara uap di dalam wadah yang diletakkan di atas panci yang berisi air mendidih. "Membuat cokelat leleh akan gagal kalau cokelat sampai terkena air," ujar Adinda.

Pastikan, wadah meletakkan cokelat lebih besar dari ukuran panci di bawahnya. Sehingga ketika kompor menyala dan air bergolak tidak ada percikan air yang bisa masuk ke wadah cokelat leleh. Air dan cokelat, kata Adinda, tidak bisa menyatu.

Untuk membuat stroberi dengan cokelat dan kacang-kacangan, Anda membutuhkan 100 gr dark chocolate, 100 gram white chocolate, 30 gram kacang pistasio yang sudah disangrai dan tumbuk kasar. Serta masing-masing 30 gram kacang almond dan pecan yang sudah disangrai dan ditumbuk kasar. Serta tentunya beberapa buah stroberi.

Lelehkan cokelat dengan microwave atau secara ditim. Setelah leleh, celupkan stroberi ke dalam cokelat dan sisihkan di atas kertas roti. Selagi agak basah taburi kacang. Diamkan di dalam kulkas selama 15 menit sebelum disajikan.

"Selain kacang pilihan taburan lain bisa digunakan, misalnya sereal yang dihancurkan," kata Adinda. Atau celupkan stroberi ke cokelat dan hiasi dengan cokelat putih tanpa tambahan kacang.

Selamat mencoba.

Terpopuler