Lima Aplikasi Pendukung Ibadah Ramadhan

Rep: c 24/ Red: Indah Wulandari

Senin 08 Jun 2015 10:13 WIB

Muslim beribadah Ramadhan Foto: ibtimes Muslim beribadah Ramadhan

REPUBLIKA.CO.ID,DUBAI -- Kecanggihan tekhnologi dapat memudahkan umat Muslim dalam menunaikan ibadah.

Mendekati datangnya bulan suci Ramadhan, kegunaan aplikasi yang menunjang kemudahan dalam beribadah merupakan kebutuhan yang penting.

“Aplikasi agama telah menjadi sangat populer di kalangan pemuda Muslim Amerika Serikat,” terang terang  Imam Pusat Muslim New York Abdelghani Benyahya dilansir dari ibtimes.com, Ahad (7/6).

Banyak jamaahnya, jelas Abdelghani, menggunakan fitur smartphone, seperti kompas untuk mengetahui arah kiblat. Selain itu juga ada aplikasi untuk mengetahui datangnya waktu shalat, dan masih banyak lagi aplikasi lainya.

Awal pekan ini, pendiri Cafe Scientifique, asosiasi astronomi yang berbasis di Dubai membuat aplikasi guna memudahkan umat Islam untuk mengetahui waktu-waktu penting saat Ramadhan.

Berikut lima aplikasi gratis paling populer dan berguna untuk bulan suci Ramadhan.

Ramadhan 2015:

Tidak hanya memiliki kalender, tapi juga termasuk waktu shalat, kemampuan untuk mengubah waktu shalat berdasarkan lokasi yang berbeda untuk kenyamanan selama perjalanan.

Aplikasi Androidnya juga memiliki fitur yang mengirimkan pengingat tentang pemberian zakat.

iQuran:

Aplikasi iQuran menawarkan teks lengkap dan audio dari Alquran bersama dengan terjemahan bahasa Inggris.

Islamic Finder’s Athan Prayer Timings:

Salah satu aplikasi penunjuk waktu shalat dalam sehari beserta doa-doa doa pribadi dan penunjuk arah ke masjid terdekat. Aplikasi ini juga memiliki fitur alarm adzan. Sehingga bisa digunakan untuk mengetahui waktu berbuka puasa dan datangnya waktu imsak.

Qibla Compass:

Mengetahui kapan harus beribadah merupakan salah satu aspek penting dari Islam. Selain itu mengetahui di mana arah kiblat juga merupakan rukun sah shalat. Aplikasi Qibla Compass membantu Muslim mengetahui arah kiblat.  Aplikasi ini juga dilengkapi dengan dukungan aksesibilitas bagi orang dengan gangguan visual.

Ramadan Kareem:

Ramadhan Kareem adalah aplikasi yang dirancang untuk memfasilitasi kewajiban penting ini dengan menghubungkan umat Islam untuk organisasi sipil dan proyek-proyek yang mereka dapat menyumbangkan atau terlibat sebagai relawan. Aplikasi ini juga menyediakan inspirasi amal setiap hari selama bulan suci.

Terpopuler