Kendaraan Arus Balik Masih Ramaikan Jalinsum Lampung

Rep: Mursalin Yasland/ Red: Joko Sadewo

Rabu 06 Aug 2014 17:30 WIB

Pembangunan jalan tol lintas Sumatra. Foto: IST Pembangunan jalan tol lintas Sumatra.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDAR LAMPUNG -- Arus balik dengan menggunakan bermotor dan mobil masih meramaikan jalan lintas Sumatera (jalinsum) wilayah Lampung, pada H+10, Rabu (6/8). Mereka menuju Pelabuhan Bakauheni untuk menyeberang ke Jawa.

Pada H+10 lebaran, pantauan di jalinsum Jalan Soekarno-Hatta kota Bandar Lampung, Arus balik dengan menggunakan mobil dan motor berpelat nomor polisi luar Lampung masih ramai. Menurut catatan Posko Arus Mudik PT Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan Indonesia Ferry (ASDP-IF) Bakauheni, Lampung, jumlah pemudik dari Sumatera menuju kota-kota di Pulau Jawa, melalui Pelabuhan Bakauheni pada arus balik saat ini sudah mencapai 97 persen.

Kepadatan jalinsum juga sudah diramaikan dengan truk barang yang sebelumnya sempat dilarang melintas di Selat Sunda, pada H-4 sampai H+4. "Kami mulai jalan lagi kirim barang ke Jawa," kata Suadi, supir truk barang asal Lampung tujuan Jawa Barat.

Meski kendaraan sudah mulai padat di jalinsum, arus lalu lintas kendaraan masih lancar. Belum ada laporan kemacetan sepanjang jalinsum Bandar Lampung - Pelabuhan Bakauheni.