Pemudik Masih Padati Terminal Kampung Rambutan

Red: Agung Sasongko

Selasa 05 Aug 2014 19:23 WIB

Terminal Kampung Rambutan Foto: Antara Terminal Kampung Rambutan

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sejumlah pemudik masih memadati Terminal Kampung Rambutan, DKI Jakarta, pada H+7 Hari Raya Idul Fitri 1435 Hijriah. "Saya sengaja memilih pulang hari ini, biar tidak kena macet di jalan," ujar seorang pemudik dari Garut, Nuryati, di Terminal Kampung Rambutan.

Nuryati mengaku sengaja mengambil cuti, agar bisa pulang pada hari ini. "Habis, kalau pulang Minggu pasti kena macet di jalan. Dari pada badan capek di jalan, lebih baik ambil cuti."

Senada juga disampaikan pemudik asal Lampung, Andre, yang mengaku sengaja pulang ke Jakarta setelah liburan berakhir.

"Dari pada desak-desakkan di kapal," ujar Andre singkat.

Dari pantauan, pemudik masih memadati terminal di kawasan Jakarta Timur. "Arus balik memang masih berlangsung. Tetapi kalau puncak arus balik sudah berlangsung pada Minggu," ujar Komandan Regu III Terminal Kampung Rambutan, Yanuarianto.

Jumlah pemudik yang berangkat pada Mingg (3/8) sebanyak 1.643 dan penumpang yang tiba sebanyak 33.329 jiwa. Jumlah tersebut, menurun dari tahun lalu, tiba sebanyak 33.909 jiwa. "Diperkirakan arus balik akan berakhir pada hari ini," tukas Yanuarianto.

Pihak kepolisian dan Dinas Perhubungan DKI Jakarta terlihat masih melakukan pengawasan di terminal. Polda Metro Jaya mengerahkan 7.276 petugas keamanan untuk mengawal Operasi Ketupat 2014 yang berasal dari Polda Metro, Polres, TNI, serta pemda untuk pengamanan arus mudik dan arus balik Lebaran.

Terpopuler