Ketapang-Gilimanuk Lancar

Red: Damanhuri Zuhri

Senin 04 Aug 2014 08:47 WIB

Pelabuhan Gilimanuk Foto: Antara Pelabuhan Gilimanuk

REPUBLIKA.CO.ID, Oleh: Ahmad Baraas

DENPASAR - Arus penyeberangan di selat Bali pada H+7 Lebaran terpantau lancar. Baik di Pelabuhan Ketapang Banyuwangi Jawa Timur maupun di Pelabuhan Gilimanuk Jembrana, Bali, tidak ada antrean kendaraan yang menunggu giliran naik ke kapal.

"Semuanya lancar, tidak ada antrean dan kendaraan bisa lansung naik ke kapal," kata Herman, petugas bagian informasi dan data ASDP Pelabuhan Gilimanuk.

Kepada Republika, Ahad (3/8) sore, Herman mengatakan, arus puncak balik dari Bali menuju Pulau Jawa terjadi pada Jumat dan Sabtu. Sedangkan pada Ahad, kondisi pelabuhan sudah kosong.

Dibandingkan dengan arus bali musim lebaran tahun lalu, jumlah kendaran yang menyeberang ke Pulau Jawa pada saat arus bali mengalami peningkatan sebesar 53 persen.

Jika tahun lalu jumlah kendaraan yang menyeberang ke Pulau Jawa mencapai 4.000 orang, sedangkan pada lebaran 2014, jumlahnya mencapai 6.035 kendaraan.

Sementara itu arus penyeberangan dari Pelabuhan Ketapang menuju Gilimanuk, Ahad juga lancar. Salah seorang pemudik asal Denpasar mengatakan, kalau dia tidak perlu mengantre saat naik ke kapal pengangkut penumpang dari Ketapang.

Menurut Herman, arus balik terutama dari Pulau Jawa menuju Bali memang selalu lancar. Hal itu sebutnya dikarenakan para pemudik tidak kembali secara bersamaan sebagaimana halnya ketika mereka mudik sebelum lebaran.

"Kalau saat mudik, antrean di Gilimanuk tidak bisa dihindari, mengingat para penumpang datang ke pelabuhan secara bersamaan," katanya.

Terpopuler