Arus Balik Puncak-Cianjur Padat

Red: Bilal Ramadhan

Ahad 03 Aug 2014 20:00 WIB

 Ribuan kendaraan terjebak kemacetan di pintu keluar tol Jagorawi menuju kawasan wisata puncak, Bogor, Jawa Barat, Sabtu (2/8). (Republika/Raisan Al Farisi) Ribuan kendaraan terjebak kemacetan di pintu keluar tol Jagorawi menuju kawasan wisata puncak, Bogor, Jawa Barat, Sabtu (2/8). (Republika/Raisan Al Farisi)

REPUBLIKA.CO.ID, CIANJUR-- Arus balik yang melintas jalur Puncak-Cianjur, Jabar, Ahad malam, ramai lancar, meskipun terlihat antrean laju kendaraan tetap bergerak. Sebelumnya menjelang siang dan sore, Polres Cianjur berkordinasi dengan Polres Bogor, sempat melakukan beberapa kali sistem buka tutup satu arah baik menuju Bogor atau sebaliknya menuju Cianjur.

Antrean kendaraan hanya terlihat di sejumlah titik seperti di Pertigaan Kebun Raya Cibodas, Hanjawar dan Pasar Cipanas, namun antrean kendaran tersebut tidak sampai menyebabkan macet total. Volume kendaraan yang melintas, didominasi kendaraan pendatang yang hendak kembali ke kota asalnya masing-masing, sedangkan kendaraan pemilir yang melintas, mulai berkurang, namun masih menghiasi jalur tersebut.

"Untuk malam ini, antrian tidak terlihat, namun jalur Puncak-Cipanas, masih meriah, dimana kendaraan yang mendominasi milik pendatang yang hendak kembali ke kota asalnya masing-masing," kata Kompol Boby kepala Pos Pengamanan Cimacan.

Dia menuturkan, meskipun volume kendaraan mulai berkurang pada hari libur panjang hari raya, pihaknya masih menyiagakan anggota di masing-masing pos pengamanan yang ada di wilayah Cianjur. Bahkan disejumlah titik rawan macet, pihaknya telah membuka pagar pembatas jalan yang terdapat ditengah jalan, sebagai upaya untuk mencairkan antrian panjang kendaraan.

"Dari pagi hingga siang, laju kendaraan yang melintas diatas rata-rata, namun menjelang mala mini, volume kendaraan kembali bertambah, sebagian besar pendatang yang keluar dari sejumlah tempat wisata, namun tidak menyebabkan antrian yang berarti," ungkapnya.

Sementara itu, volume kendaraaa yang melintas di jalur lainnya di Cianjur, seperti Jalur Cianjur-Bandung dan Cianjur-Sukabumi, mulai berkurang, meskipun masih terlihat padat. Dimana kendaraan yang melintas didominasi kendaraan pemilir jarak dekat.

Terpopuler